Sukses

Parenting

Bolehkah Ibu Menyusui Mengonsumsi Teh Hijau?

Siapa yang tak kenal dengan manfaat teh hijau? Ladies, teh hijau memiliki banyak manfaat baik, mulai dari meningkatkan aliran darah hingga menurunkan kolesterol tubuh. Studi pada 2013 juga membuktikan minum teh hijau baik untuk jantung. Tapi bolehkah ibu menyusui mengonsumsinya?

Berdasarkan ketentuan American Academy of Pediatrics (AAP), konsumsi kafein pada ibu menyusui boleh-boleh saja, tapi dalam batas tertentu. Sebab, kadar kafein yang berlebihan dapat mengurangi kadar zat besi dalam ASI. Bayi yang baru lahir juga masih sulit untuk mencerna kafein.

Konsumsi kafein berlebihan oleh ibu menyusui juga dapat menyebabkan reaksi sensitif pada bayi, seperti mata yang membesar, tidak dapat tidur, hingga rewel yang tiada henti. Selain itu, ibu menyusui juga bisa kekurangan cairan. Ini akan menurunkan produksi ASI.

Oleh sebab itu, minum teh hijau yang mengandung kafein sebaiknya dikurangi atau dihentikan. Jika sudah telanjur mengonsumsi teh hijau, ibu menyusui akan membutuhkan waktu beberapa hari hingga seminggu untuk menghilangkan kadar kafein di dalam ASI.  Jika ingin mengonsumsi teh hijau, pilihlah yang tidak mengandung banyak kafein.

Selain memilih teh yang tak mengandung kafein, pastikan ibu menyusui memberi jeda waktu antara minum teh dan menyusui. Batasi konsumsi teh maksimal dua gelas kecil dalam sehari.

Minum teh hijau memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, bagi ibu menyusui, konsumsi teh hijau yang mengandung kafein sebaiknya dibatasi.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading