Sukses

Parenting

5 Manfaat Baik Menyusui Bayi di Malam Hari

Ketika si kecil menangis di malam hari dan merasa haus dan lapar rasanya penuh dilema antara bangun dan menyusui atau meneruskan tidur. Tidak heran jika saat menyusui, keluhan capek dan kurang tidur selalu menjadi hal yang lumrah bagi ibu menyusui. Namun tahukah mom jika menyusui si kecil di malam hari memiliki manfaat yang baik untuk kesehatannya.

Mom, berikut ini adalah manfaat menyusui si kecil saat malam hari. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memiliki Waktu Tidur yang Lebih Berkualitas

Penelitian menunjukkan jika ibu yang menyusui memiliki waktu tidur lebih lama dibanding ibu yang memberikan susu formula. Karena saat menyusui mom lebih mudah lelah. Tidur ekstra akan mengurangi risiko stres dan depresi.

2. Bayi Lebih Banyak Mengonsumsi ASI di Malam Hari

Hasil penelitian menunjukkan jika bayi lebih banyak minum ASI sebanyak 20% dibandingkan di siang haru, Untuk bayi yang berat badannya kurang menyusu di malam hari dapat meningkatkan berat badan bayi.

3. Produksi Prolatin Lebih Melimpah di Malam Hari

Mom, perlu diketahui jika produksi prolaktin (hormon yang memproduksi ASI) lebih tinggi di malam hari terutama menjelang pagi. Dan biasanya bayi lebih memilih untuk menyusu ASI saat malam hari karena produksi ASI lebih banyak di malam hari. Bayi yang cerdas bukan?

4. Menjaga Suplai ASI

Prolaktin yang memproduksi ASI banyak diproduksi di malam hari. Maka menyusui si kecil di malam hari akan memenuhi kebutuhan ASI si kecil. Selain menjaga suplai ASI tapi juga meningkatkan jumlah ASI keesokan harinya.

5. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Tahukah mom jika ASI di malam hari mengandung melatonin (hormon perangsang tidur), ASI pada waktu tersebut juga kaya akan zat yang berfungsi sebagai peningkat kecerdasan otak. Selain itu tidur yang cukup membantu anak lebih tenang dan dapat meningkatkan kecerdasan.

Mom, demikian 5 manfaat yang diperoleh saat menyusui si kecil di malam hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading