Sukses

Parenting

Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui Agar Mom & Bayi Sehat Selalu

Menjalankan ibadah puasa Ramadan hukumnya wajib bagi setiap muslim. Termasuk wajib pula bagi ibu hamil serta menyusui. Meski wajib, Islam meringankan kewajiban ini teruntuk ibu hamil dan menyusui serta orang-orang yang sakit, orang yang sedang melakukan perjalanan jauh hingga wanita yang sedang berhalangan atau menstruasi.

Walau ada keringanan, kalau orang-orang ini masih kuat menjalankan ibadah puasa, sangat disarankan agar mereka tetap berpuasa. Terkecuali bagi wanita yang menstruasi, ia diharamkan untuk berpuasa dan menjalankan ibadah wajib lainnya. Kalau ingin kembali berpuasa dan menjalankan ibadah lainnya, wanita yang menstruasi harus menunggu hingga menstruasi itu selesai dan ia telah bersuci (mandi wajib).

Kembali ke wanita menyusui yang tetap hendak menjalankan ibadah puasa, ada beberapa tips yang harus diterapkan agar ia dan buah hati tetap sehat, kuat serta ternutrisi dengan baik. Tips berpuasa bagi ibu menyusui agar mom dan bayi selalu sehat selalu antara lain sebagai berikut:

  1. Bagi ibu menyusui yang memiliki riwayat diabetes atau hipoglikemia atau penyakit lainnya, sebelum menjalankan ibadah puasa sambil menyusui pastikan untuk mengonsultasikan kondisinya dengan dokter terkait.
  2. Ibu menyusui disarankan agar tetap makan sebanyak 3 kali sehari yakni saat sahur, saat berbuka puasa dan sebelum tidur agar tubuh ternutrisi dengan baik dan produksi ASI tetap melimpah. 
  3. Agar nutrisi tubuh seimbang, selama puasa diwajibkan bagi ibu menyusui mengonsumsi 50% karbohidrat, 30% lemak dan 10-20% lemak. 
  4. Jangan lupa untuk mencukupi cairan dalam tubuh dengan minum air putih 2 sampai 3 liter setiap harinya saat berbuka maupun sahur. Disarankan agar air putih yang dikonsumsi adalah air hangat demi merangsang kelancaran ASI. 
  5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah segar selama sahur, berbuka puasa maupun camilan malam demi dapatkan ASI yang lebih segar dan enak buat buah hati. 
  6. Miliki istirahat cukup. Merasa lemas dan lelah saat berpuasa adalah hal yang wajar apalagi ketika mom baru saja menyusui. Untuk itu, cobalah untuk istirahat sejenak dengan memiliki tidur cukup. Pastikan untuk memiliki pikiran yang tenang dan jauh dari stres maupun depresi demi menjaga kesehatan mom serta buah hati. 
  7. Bagi ibu yang bekerja dan terbiasa melakukan pumping, dianjurkan untuk tetap melakukan kegiatan pumping seperti biasa. Kembali berpegang teguh pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI yang dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi.

Mom, itulah beberapa tips berpuasa bagi ibu menyusui agar mom dan bayi sehat selalu. Berpuasa bagi ibu menyusui disarankan agar dilakukan saat buah hati sudah berusia lebih dari 6 bulan dan mendapat asupan nutrisi MPASI selain ASI. Buah hati kurang dari 6 bulan, sebaiknya konsultasikan keinginan puasa dengan ahlinya. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut Ramadan, bulan seribu bulan yang penuh kemuliaan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading