Sukses

Parenting

Ini Sebab Mengapa ASI Seret Saat Ibu Menstruasi

Lancarnya produksi ASI memang tergantung dari berbagai faktor. Nah, ternyata menstruasi juga termasuk salah satu faktor yang bisa menyebabkan ASI jadi lebih seret lho Ladies. Wah, mengapa bisa demikian?

Setelah melahirkan dan juga masa nifas selama kurang lebih 40 hari, siklus menstruasi akan kembali normal seperti saat belum hamil. Menstruasi pada beberapa kasus memang dapat mengurangi produksi ASI, tapi tidak drastis. Ini adalah faktor mengapa menstruasi mempengaruhi kuantitas ASI.

  • Yang pertama adalah karena perubahan hormon. Ini berhubungan dengan siklus menstruasi. Beberapa ibu bahkan akan mengalami nyeri payudara selama menstruasi.
  • Saat menstruasi wanita akan mengalami mood swing. Well, mood memang sangat menentukan produksi ASI. Agar ASI lancar ibu disarankan untuk selalu bahagia kan?
  • Beberapa rasa nyeri pada tubuh yang hadir saat menstruasi ternyata juga mempengaruhi produksi ASI.
  • Puting payudara yang nyeri ternyata juga kemungkinan besar menyebabkan ibu untuk susah menyusui.


Beberapa faktor inilah yang menyebabkan kuantitas ASI berkurang. Meski demikian kualitas ASI tetap asupan yang terbaik untuk bayi, apalagi jika usianya masih di bawah 6 bulan.

Sebenarnya tak semua ibu mengalami penurunan produksi ASI ini saat mengalami menstruasi. Namun, jika kamu mengalaminya perlu diingat agar kamu lebih happy agar produksi ASI tetap lancar. Kamu bisa mencoba menonton film kesukaan, berbelanja online, "me time", dan masih banyak lagi.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading