Sukses

Parenting

Mom, Berikut Ketahanan ASI Perah, Pahami ya!

Sebagai ibu yang bekerja tentu tidak ingin melewatkan tumbuh kembang anak termasuk dalam memberikan ASI eksklusif. Bekerja bukan halangan untuk memberikan ASI karena mom dapat memerah ASI kemudian menyimpannya dalam lemari pendingin. Sedikit merepotkan tapi memberikan yang terbaik untuk si kecil mengapa harus perhitungan?

Mom, ASI perah yang disimpan dalam lemari pendingin ternyata memiliki ketahanan loh jadi jangan salah. Berikut ini adalah ketahanan ASI perah berdasar tempat penyimpanannya.

Suhu Ruang

ASI segar dapat disimpan dalam suhu ruang loh mom. Ketahanan ASI perah ini hanya bertahan 4-8 jam saja. Jadi saat memerah ASI dan kebetulan tidak ada lemari pendingin maka mom masih dapat memberikan untuk si kecil 4-8 jam kemudian. Pastikan botol untuk menyimpannya steril ya.

Chiller

ASI perah yang disimpan dalam suhu 0-4 derajat celcius dapat bertahan selama 5-8 hari. Jadi setelah memerah ASI mom dapat segera menyimpan botol ASIP pada chiller sehingga ASI dapat bertahan lebih lama.

Freezer

Nah ini informasi yang sangat penting, ASI yang disimpan dalam freezer dapat bertahan selama 3-4 bulan. Jadi mom dapat menyetok ASIP lebih lama jika menyimpannya dalam freezer. Pastikan suhu freezer tetap terjaga ya.

Menyimpan ASI perah memang baik, jangan lupa untuk memberi label tanggal setiap botol ASI perah ya. Jika memungkinkan siapkan lemari pendingin khusus untuk menyimpan ASI perah tersebut. Jika mom bersama si kecil sebaiknya memberi ASI langsung alih-alih memberinya ASI perah, karena memberi ASI secara langsung dapat mendekatkan emosional anak dan ibu.

Semoga bermanfaat, mom.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading