Sukses

Parenting

Makanan Terbaik Saat Menyusui Agar Otak Bayi Cerdas

Memenuhi kebutuhan nutrisi bayi tidak hanya dimulai saat sedang hamil, setelah melahirkan dan saat menyusui pun, Moms perlu terus menyuplai nutrisi terbaik untuk bayi agar ia tumbuh dengan baik dan sehat. Apalagi jika Moms ingin si kecil bisa tumbuh jadi anak yang cerdas nantinya. Ada beberapa makanan yang bisa jadi menu wajib untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi yang cerdas.

Menurut sebuah pedoman kesehatan yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, mengungkapkan bahwa nutrisi seperti protein, seng, zat besi, folat, beberapa vitamin dan asam lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Kurangnya nutrisi ini bisa menyebabkan masalah fungsi otak di kemudian hari.

Beberapa makanan yang memiliki nutrisi ini adalah telur, tahu, tempe, sayuran hijau dan daging ikan. Moms bisa mengonsumsi banyak makanan ini selagi menyusui. Nutrisi dalam makanan akan disalurkan melalui asi yang diberikan setiap hari.

Makanan terbaik saat menyusui agar otak anak cerdas/copyright Shutterstock.com

Banyak penelitian menyebutkan bahwa pemenuhan gizi di awal-awal usia bayi sangat penting membangun otak yang cerdas. Seribu hari pertama usia bayi adalah kesempatan yang harus benar-benar dimanfaatkan ibu untuk memberikan nutrisi terbaik.

Profesor pediatrik Dr. Sarah Jane Schwarzenberg mengungkapkan dalam Health.com bahwa air susu ibu adalah makanan utama bayi yang baru lahir hingga mereka mencapai usia enam bulan. Setelah itu, asi bisa didampingi dengan MPASI yang mengandung mineral zat besi dan seng yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Setelah itu, Moms bisa membuatkan MPASI yang mengandung gizi seperti vitamin dan protein dari sayuran dan daging tanpa lemak yang dihaluskan hingga lembut. Dan penting sekali mengenalkan anak pada berbagai macam makanan sehat selama memberikan makanan pendamping asi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading