Sukses

Parenting

Diet Paling Pas Untuk Ibu Menyusui Menurut Dokter

Setelah melahirkan, biasanya seorang ibu mengalami peningkatan berat badan. Belum lagi ibu harus menyusui, yang tentu membuat nafsu makan bertambah. Jadi bertambah gemuk sepertinya hal yang harus dialami setiap habis melahirkan.

dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, mengatakan pada dasarnya ibu menyusui dalam sehari membutuhkan 600 kalori tambahan. “Jika trimester 1-2 tambah 300 kalori, trimester ketiga 600 kalori. Begitu menyusui juga sehari harus menambah 600 kalori," ujar dr. Diana saat ditemui dalam acara ‘Menyambut Hari Gizi Nasional’, di Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (17/01).

Meski demikian, dr. Diana mengatakan sebenarnya ibu masih bisa diet walau sedang menyusui. Diet yang paling tepat adalah dengan menambah asupan protein. Ini dikarenakan bayi yang baru lahir sangat membutuhkan protein untuk mendukung tumbuh kembangnya.

"Kalau mau ASI-nya bagus tambah protein yang baik. 2500 kalori yang biasanya dibutuhkan ibu menyusui bisa ditambah dari protein. Makanan hariannya bisa sama dengan biasanya," tambahnya.

Nah, ibu dapat menggantikan camilan dengan protein seperti kacang-kacangan, susu, kedelai, beans. Ini dapat memberikan nutrisi seperti protein ke bayi bukannya lemak. Sebab, jika ibu terlalu banyak karbohidrat, akan memberikan asupan lemak pada anak dan bisa mengakibatkan ibu semakin gemuk.

“Jika asupan protein lebih banyak saat menyusui, maka berat badan bayi akan semakin bertambah dan kemudian berat badan ibu turun," tutupnya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading