KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

11 Fakta Tentang Menyusui yang Jarang Diketahui dan Diungkapkan

Kamis, 21 Desember 2017 09:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Menyusui/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Melahirkan buah hati ke dunia dan berhasil memberikan ASI eksklusif merupakan pengalaman berharga bagi setiap Ibu. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi karena kaya nutrisi yang baik bagi buah hati. Tidak hanya itu memberikan ASI bagi bayi dapat mempererat ikatan batin antara bayi dan mom.

Tapi, tahukah Mom jika menyusui memiliki beberapa fakta yang jarang diungkapkan. Berikut ini adalah 11 fakta tentang menyusui yang jarang diungkapkan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Bayi hanya minum 67% ASI yang ada dalam payudara. Jadi, mom masih tetap memerah payudara untuk tabungan ASI.
  2. Bayi menyusu 2 jam sekali setiap harinya dengan waktu 5-40 menit. Jadi inilah alasan mengapa banyak Ibu yang seringkali mengeluh tidak sempat mandi karena menyusui.
  3. Menyusui adalah proses belajar bagi mom dan bayi. Mom belajar memberikan ASI sedangkan bayi belar menghisap dan menelan ASI. Proses belajar ini tidak mudah.
  4. Menyusui itu sakit, bahkan pada awal menyusui banyak ibu yang mengalami trauma. Hal ini wajar karena mom dan bayi belum terbiasa, jadi perlu belajar lagi.
  5. Energi yang digunakan untuk menyusui setiap hari sama dengan berlari sejauh 1,6 kilometer.
  6. Faktanya hampir 3 dari 4 ibu memproduksi ASI lebih banyak dari payudara sebelah kanan.
  7. Saat menyusui aerola akan berubah sangat gelap, hal ini ternyata berfungsi untuk membantu bayi untuk mengenali puting mom.
  8. Menyusui ternyata dapat melepas hormon oksitosin yang berguna untuk membuat mom merasa nyaman dan rileks.
  9. ASI ternyata tidak keluar dari satu lubang saja, tapi juga dari banyak lubang. Jumlahnya berbeda tiap orangnya.
  10. Menyusui ternyata melatih kesabaran bagi mom. Hal yang tidak terduga saat menyusui akan membuat mom menjadi pribadi yang sabar.
  11. Saat menyusui ukuran payudara akan membesar menjadi 1-2 kali lipat. Jadi jangan heran saat menyusui, payudara berubah menjadi sangat besar.

Well, demikian 11 hal tentang menyusui yang mungkin belum mom ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA