Sukses

Parenting

Saat Menyusui Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Minum Obat

Tidak ada yang memprediksi kapan seseorang sakit. Termasuk saat seorang ibu menyusui dan sakit. Minum obat adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko sakit. Tapi bagaimana jika menyusui? Amankah untuk bayi? Atau justru sebaliknya. Apalagi jika mom harus minum obat dalam jangka waktu yang lama karena sakit yang dialami.

Mom, berikut ini adalah tips yang harus diperhatikan saat minum obat dan harus menyusui. Yuk simak tips dari vemale di bawah ini.

    Tanyakan Kepada Dokter

    Tanyakan kepada dokter, apakah aman saat menyusui dan harus minum obat. Jika memang dokter memiliki saran tentang alternatif pengobatan yang lain, boleh mom lakukan. Misalnya dengan menjaga pola hidup dan makan.

    Hal ini penting untuk mengurangi risiko dari obat yang mom minum.

    Perhatikan Label Obat

    Saat akan mengonsumsi obat, pastikan obat yang mom minum memiliki label aman untuk ibu hamil dan menyusui. Obat yang minim risiko juga disarankan untuk ibu menyusui. Tidak hanya itu, obat-obatan yang hanya memiliki sedikit bahan aktif disarankan untuk ibu menyusui. Misal, saat demam cukup minum obat yang mengandung parasetamol.

    Atur Jadwal Minum Obat

    Usahakan untuk minum obat setelah selesai menyusui. Atau jika memungkinkan, minum sebelum tidur karena risiko ASi tercampur dengan obat sangat kecil. Dan jika memang si kecil membutuhkan ASI setelah mom minum obat berikan ASI yang sudah mom pompa. Jadi jangan malas untuk memompa ASI ya.

    Pelajari cara memerah dan menyimpan ASI. Hal ini penting, jika mom harus menjalani pengobatan yang tidak bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan menyusui, maka si kecil tetap mendapat ASI.

Nah, mom demikian 3 cara untuk meminimalisir risiko minum obat saat menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading