KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

Memberi ASI Eksklusif Selama 6 Bulan, Ini Manfaat yang Diperoleh Ibu

Senin, 13 November 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Manfaat ASI eksklusif./Copyright healthynaturalbaby.com

Vemale.com - Agar perkembangan bayi tumbuh dengan optimal, kebutuhan gizi dan nutrisinya harus dipenuhi dengan baik. Penting untuk memberinya ASI eksklusif selama 6 bulan agar si kecil tumbuh sehat. Bahkan kekebalan tubuh bayi bisa terjaga dengan baik saat diberi ASI.

ASI eksklusif pun tak hanya memberi manfaat dan dampak positif pada tumbuh kembang bayi. Sang ibu pun bisa mendapat sejumlah manfaat ketika bisa memberi ASI eksklusif selama 6 bulan. Selengkapnya, yuk kita bahas di sini, moms.

Meredakan Stres
Seperti yang dilansir dari boldsky.com, ibu yang baru melahirkan rentan mengalami postpartum depression (depresi pasca persalinan). Kondisi ini bisa pun bisa diatasi atau diredakan dengan menyusui. Karena saat menyusui, tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat menurunkan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan volume air susu yang dikeluarkan.

Mencegah Kanker
Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa ibu yang menyusui bisa terhindar dari kanker payudara dan ovarium. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan struktural pada jaringan payudara setelah menyusui.

Menyusui juga sangat baik untuk kesehatan ibu./Copyright shutterstock.com

Membantu Menurunkan Berat Badan
Ingin kembali langsing setelah melahirkan? Maksimalkan pemberian ASI eksklusif pada si kecil di enam bulan pertamanya. Karena dengan menyusui, penumpukan lemak bisa lebih mudah dicegah.

Jantung Lebih Sehat
Saat menyusui, tubuh ibu memiliki kadar kolesterol baik yang tinggi. Efeknya jantung bisa lebih sehat. Selain itu, menyusui juga bisa mencegah terjadinya pengerasan pembuluh arteri dan penumpukan kolesterol di pembuluh jantung.

Selama kondisi tubuh sehat dan memungkinkan untuk memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, maksimalkan dengan baik ya. Karena manfaatnya ternyata sangat luar biasa, tak hanya untuk si kecil tapi juga untuk kesehatan ibu sendiri.

Semoga infonya bermanfaat, moms.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA