KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

10 Jenis Makanan Enak Bisa Bantu Meningkatkan Produksi ASI

Senin, 13 November 2017 12:30 Penulis: Rohmitriasih
copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Menyusui menjadi moment yang begitu membanggakan dan membahagiakan untuk setiap wanita. Apalagi, jika saat menyusui ini ASI (Air Susu Ibu) yang diproduksi melimpah, buah hati minum ASI dengan baik dan kesehatan Mom maupun buah hati terjaga.

Sayangnya, karena pola makan yang kurang sehat, istirahat yang kurang dan kesempatan menyusui yang sedikit dikarenakan aktivitas sebagai wanita karir terlalu padat, tidak sedikit wanita yang mengalami penurunan produksi ASI. Well, dilansir dari laman boldsky.com, sedikitnya ada 10 jenis makanan yang bisa bantu kamu meningkatkan produksi ASI. Selain enak, makanan ini juga sangat mudah ditemukan di super market, mini market juga pasar tradisional.

Berikut daftar makanan tersebut.

  1. Oatmeal. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam oatmeal bantu meningkatkan produksi ASI. ini juga bisa sebagai makanan yang menyehatkan sebagai menu diet selama menyusui. Konsumsi oatmeal bersama buah, yogurt, sayur dan kacang merah untuk dapatkan rasa yang lebih menggugah selera.
  2. Sayur Bayam. Sayuran hijau ini menjadi sumber zat besi dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Bisa dikonsumsi dengan cara direbus, masak sayur bening atau dijus sebagai peningkat produksi ASI selama menyusui. 
  3. Bawang Putih. Nutrisi, vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih sangat baik dalam melancarkan juga meningkatkan produksi ASI. Tak hanya itu saja, nutrisi pada bawang putih juga efektif menstabilkan tekanan darah dan gula darah dalam tubuh. 
  4. Sayur Labu. Konsumsi sayur labu untuk mendapatkan produksi ASI yang lebih baik. Sayur labu juga bisa menjadi sumber antioksidan alami yang efektif mencegah kanker, menyehatkan sistem pencernaan dan sumber energi. 
  5. Biji Almond. Rasanya yang gurih, enak dan bikin kenyang membuat almond menjadi salah satu daftar makanan sehat wajib dikonsumsi secara rutin. Nutrisi pada kacang almond juga dipercaya sangat baik dalam meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. 
  6. Beras Merah. Konsumsi beras merah dalam porsi yang tepat, ini bisa bantu meningkatkan produksi ASI. Vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya bahkan dipercaya bisa bantu menurunkan berat badan, melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan daya tubuh Mom serta buah hati. 
  7. Susu. Siapapun pasti tahu bahwa susu memiliki segudang manfaat sehat. Salah satunya adalah sebagai peningkat produksi ASI bagi ibu menyusui. Nutrisi dan vitamin pada susu juga sangat baik buat tumbuh kembang buang hati. 
  8. Wortel. Selain dikenal baik memiliki nutrisi super baik untuk kesehatan mata, wortel juga mengandung segudang nutrisi baik buat ibu menyusui. Dengan konsumsi wortel secara rutin setiap hari, ini bantu ibu menyusui memiliki ASI melimpah, berkualitas dan kaya nutrisi sehat buat buah hati. 
  9. Daun Katuk. Sejak zaman dulu, daun katuk dipercaya memiliki nutrisi baik buat ibu menyusui dan hamil. Daun katuk adalah sumber makanan yang bisa bantu meningkatkan produksi ASI. Daun katuk bisa dimasak sebagai sayur bening, campuran bubur nasi atau dijus. 
  10. Kurma. Di balik rasanya yang nikmat, manis menggigit dan khas, kurma memiliki banyak manfaat sehat buat tubuh. Kurma dipercaya bisa menjadi sumber energi. Kurma juga dipercaya sebagai sumber nutrisi sehat dan peningkat produksi ASI bagi wanita menyusui.


Telur. Konsumsi 1 hingga 2 butir telur rebus setiap pagi, bisa bantu Mom memiliki produksi ASI yang melimpah. Ini juga bisa bantu Mom menjalankan program diet tanpa takut kebutuhan nutrisi si kecil terganggu. Kandungan vitamin A, kalsium, acid dan nutrisi lainnya menjadi alasan kenapa telur sangat baik dikonsumsi ibu menyusui.

Ladies, itulah sedikitnya 10 makanan enak yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi ASI. Semoga informasi ini bermanfaat.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA