KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

3 Cara Alami Untuk Memperlancar ASI Untuk Mom Bekerja

Senin, 23 Oktober 2017 11:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright pexels.com

Vemale.com - Banyak wanita atau mom muda yang saat ini harus tetap bekerja walau sebenarnya ia sibuk mengurus rumah tangga dan buah hati yang masih bayi di rumah. Walau begitu, para mom muda ini tetap bisa menjadi mom yang terbaik buat buah hati juga keluarganya di rumah. Termasuk tetap memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya yang masih bayi.

Dilansir dari laman parents.com, mom yang sibuk bekerja tetap bisa memberikan ASI terbaiknya dan mencukupi untuk buah hati. Mom yang bekerja juga tetap bisa menghasilkan ASI yang melimpah meski buah hati hanya minum ASI dari payudaranya sesekali waktu. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

Memompa ASI

Cara memperbanyak ASI dan melancarkannya adalah dengan memompa ASI. Apalagi, ketika kamu adalah wanita menyusui yang sibuk bekerja dan tidak bersama buah hati sepanjang hari. Memompa ASI secara konsisten dan berkala di sela-sela bekerja bisa meningkatkan produksi ASI. Ini juga bisa memberikan pasokan ASI yang cukup untuk buah hati di rumah selama mom sibuk bekerja.

Memijat Payudara

Melakukan pemijatan yang benar pada payudara bisa membuat produksi ASI meningkat. Pemijatan ini bahkan bermanfaat untuk membuat payudara tetap sehat dan terhindar dari risiko kanker atau tumor.

Stabilkan Emosi Selama Bekerja

Pastikan untuk selalu menstabilkan emosi selama bekerja. Jangan sampai membuat pikiran stres atau depresi. Stres dan depresi bisa menurunkan kualitas produksi ASI. Ini juga bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan baik kesehatan fisik maupun psikis. Emosi yang tidak stabil bahkan bisa berpengaruh buruk pada pertumbuhan serta perkembangan buah hati.

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan mom karir/kerja untuk memperlancar ASI selama menyusui. Selain cara di atas, penting bagi mom untuk memiliki asupan nutrisi yang baik selama menyusui, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, memiliki asupan air putih cukup dan memiliki waktu istirahat cukup.

Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA