KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. MENYUSUI

Alasan Mengapa Ibu Menyusui Butuh Dukungan Lingkungan dari Sekitar

Jum'at, 11 Agustus 2017 11:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Ibu menyusui anaknya/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Studi terkini yang diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia dan Anmum, mengungkapkan bahwa sistem pendukung (support systems) dari para ibu di Indonesia memiliki pengetahuan dan pemahaman yang terbatas tentang kesehatan ibu hamil dan menyusui, termasuk nutrisi yang dibutuhkan.

Sehingga para ibu merasa kebutuhan mereka tidak dipahami dan dipenuhi oleh sistem pendukung mereka, seperti suami, orangtua atau mertua. Hal ini menyebabkan para ibu memiliki harapan yang lebih tinggi terhadap sistem pendukung mereka supaya lebih proaktif dalam mendukung masa kehamilan dan menyusui.

Hal tersebut merupakan beberapa hasil studi yang dipresentasikan pada peluncuran kampanye Anmum #CelebrateTheExtraordinary. Dr. dr. Ali Sungkar SpOG (K) pun menjelaskan, selama kehamilan dan menyusui, para ibu mengalami perubahan dan tantangan fisik serta psikologis. Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan sosialnya dan nutrisi yang tepat.

Hal tersebut merupakan aspek penting yang akan memengaruhi kesehatan moms supaya nantinya dapat merawat anak dan keluarganya. Seribu (1.000) hari pertama merupakan fondasi penting bagi masa depan anak, oleh karena itu sangat penting untuk memberikan dukungan yang diperlukan oleh ibu dan bayi.

Ibu menyusui butuh dukungan lingkungan/ copyright Shutterstock.com

Kurangnya penyesuaian psikososial dan emosional selama fase penting kehidupan tersebut berpotensi menimbulkan risiko bagi kesehatan ibu dan kurangnya peluang bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Salah satu faktor risiko penting yang memengaruhi kesehatan ibu selama dan setelah kehamilan adalah kurangnya dukungan sosial.

“Pentingnya sistem pendukung sosial yang sehat selama masa kehamilan dan menyusui tidak boleh diremehkan. Stabilitas sosial dan partisipasi sosial dapat memberikan dukungan emosional yang berperan untuk mengurangi dampak stres kehidupan dan tantangan sehari-hari para ibu," ujar Dr. dr. Ali saat ditemui di Jakarta.

Dr. Ali menambahkan, artikel Baby Friendly Initiative yang diterbitkan oleh UNICEF3, berdasarkan riset, ketika dukungan selama masa menyusui diberikan kepada ibu, durasi dan eksklusivitas pemberian ASI meningkat.

Ines Yumahana Gulardi MSc, Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia, pun menjelaskan, tahap pertama kehidupan seorang anak yang meliputi perkembangan janin di rahim dan masa menyusui sangat krusial dan nutrisi ibu sangat penting selama periode ini. Ketika seorang ibu memperoleh nutrisi dengan baik, tubuhnya dapat memenuhi kebutuhannya sendiri maupun kebutuhan anaknya.

(vem/asp/feb)
KOMENTAR PEMBACA