Sukses

Parenting

Moms, Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Meningkatkan Produksi ASI

Ibu menyusui harus bisa lebih memperhatikan pola makan. Karena apa yang dikonsumsi bisa mempengaruhi produksi ASI dan kualitas ASI. Penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi makanan yang mengandung galactagogue.

Apa itu galactagogue? Galactagogue merupakan suatu substansi yang dapat meningkatkan suplai air susu ibu (ASI). Untuk bisa meningkatkan produksi ASI, ibu harus lebih banyak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung galactagogue. Berikut lima jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.

    Oatmeal

    Seperti yang dilansir dari mom365.com, oatmeal memiliki kandungan yang bisa meningkatkan dan menjaga suplai ASI. Selain bisa menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah, oatmeal juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan secara rutin.

    Wortel

    Tak hanya kaya vitamin A, wortel pun memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk ibu menyusui. Makanan sumber karbohidrat sehat ini juga bisa memenuhi kebutuhan kalium tubuh. Dan tahukah Moms kalau ngemil wortel juga bisa bantu menurunkan berat badan secara alami? Konsumsi wortel secara rutin memang baik untuk ibu menyusui.

    Kacang-Kacangan

    Kacang mete, kacang almon, dan kacang macadamia juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan pun kaya akan lemak sehat dan antioksidan. Tapi sebaiknya pilih yang rendah kandungan sodiumnya atau yang bebas garam, ya.

    Pepaya Mentah

    Yaps, pepaya juga mengandung galactagogue yang baik dikonsumsi ibu menyusui. Cara mengonsumsinya bisa dengan dikukus terlebih dahulu atau dibuat tumisan sehat.

    Biji Wijen

    Biji wijen bisa menambah rasa gurih pada makanan. Tak hanya itu saja, biji wijen pun kaya akan kalsium dan bisa bantu meningkatkan produksi ASI bila dikonsumsi.

    Jahe

    Saatnya untuk menambahkan jahe di berbagai menu yang Moms konsumsi. Jahe ini memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan produksi ASI juga. Bisa juga minum air jahe hangat secara rutin untuk menjaga suplai ASI dengan baik.

Pilihan makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui itu sebenarnya sangat beragam. Jadi tak hanya terbatas pada enam pilihan di atas saja.

Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Moms juga, ya. Kalau perlu berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis makanan yang paling tepat untuk meningkatkan produksi ASI Moms sekalian.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading