KAPANLAGI NETWORK
MORE

Saat Menyusui, Sebaiknya Batasi Konsumsi Makanan Ini Ya Moms!

Senin, 20 Maret 2017 15:10 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sedang memberikan ASI eksklusif untuk buah hati tercinta? Saatnya untuk lebih memperhatikan asupan makanan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Bagaimana pun kesehatan ibu sangat mempengaruhi kesehatan buah hati tercinta.

Saat sedang menyusui, ada makanan-makanan yang sebaiknya dibatasi. Dalam arti, boleh mengonsumsinya tapi jangan sampai berlebihan. Tapi akan lebih baik jika Moms berkonsultasi dulu dengan dokter soal makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi. Karena kondisi tubuh setiap orang dan setiap ibu bisa berbeda satu sama lain.

  • Makanan yang Mengandung Banyak Bawang Putih

    Seperti yang dilansir oleh allwomanstalk.com, kalau Moms terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih atau makan bawang putih akan mempengaruhi bau dan rasa pada ASI yang Moms hasilkan. Kalau ASI terasa berbeda, bayi bisa rewel dan tidak mau minum susu. Pada akhirnya jika hal ini berlanjut si kecil bisa kehilangan nutrisi yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

  • Minuman atau Makanan Berkafein

    Selama masa menyusui, sebisa mungkin hindari kopi, soda atau teh serta aneka makanan dan minuman lain yang mengandung kafein. Kalau Moms terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein, bayi yang minum ASI dari Moms bakal susah tidur dan rewel. Dan tentunya tidak bagus kan untuk kesehatan sang buah hati tercinta.

  • Buah-Buahan yang Terlalu Asam

    Saat sedang menyusui sebaiknya hindari mengonsumsi buah yang rasanya terlalu asam. Jeruk, lemon dan buah yang asam lebih baik dijauhi. Karena biasanya rasa asam ini dapat memberikan pengaruh pada perut bayi. Efek yang lebih parah, bayi bisa muntah saat minum ASI dari ibu yang terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan yang terlalu asam.

  • Kacang-Kacangan

    Salah satu akibat jika Moms terlalu banyak makan kacang-kacangan adalah alergi pada bayi yang mengonsumsi ASI dari Moms. Kalau kita masih eksklusif menyusui bayi, sebisa mungkin jauhi makanan yang mengandung kacang-kacangan. Lebih baik makan makanan yang kaya serat yang kandungan gizi dan nutrisinya bagus untuk bayi.

Kalau Moms memiliki gangguan kesehatan tertentu, segera berkonsultasi dengan dokter untuk bisa lebih memastikan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak. Selalu jaga kesehatan dan kebugaran tubuh demi memberikan ASI eksklusif terbaik untuk buah hati tercinta, ya Moms.


(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Ruang Vemale Eps. 2 - Ada Apa Dengan Laura
PRODUK REKOMENDASI