Sukses

Parenting

Benarkah Makan Banyak Makanan Mampu Bikin ASI Makin Melimpah?

Salah satu kekhawatiran para ibu menyusui adalah suplai ASI yang dihasilkan tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi. Banyak ibu yang berpikir bahwa dengan banyak makan maka produksi ASI juga akan melimpah. Lalu benarkah anggapan tersebut Mom?

Anggapan makan banyak akan bikin produksi ASI melimpah ternyata salah besar.  Banyak makan belum tentu menambah suplai ASI, kecuali makanan yang dikonsumsi bergizi bagi tubuh. Ibu yang menyusui membutuhkan setidaknya 1800 kalori yang didapatkan dari berbagai sumber makanan. Gizi yang tidak seimbang malah akan menyebabkan air susu yang tidak mudah mengalir, produksi ASI yang rendah, hingga kurangnya energi ibu.

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, mommy juga disarankan untuk sering menyusui untuk menstimulasi produksi ASI yang optimal. ASI dibuat berdasarkan ‘permintaan’ yaitu berdasarkan hisapan bayi pada puting. Pelajarilah juga posisi menyusui yang tepat sehingga produksi ASI juga akan semakin baik.

Nah Mommy, jadi makan dengan jumlah yang banyak tak berpengaruh terhadap jumlah ASI. Lebih baik mengatur pola makan dengan gizi yang seimbang agar ASI melimpah, konsumsi juga beberapa makanan yang memang jadi booster ASI. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading