1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Cintaku Terhalang Weton (Ya, Ini Masih Banyak Terjadi). Aku Harus Bagaimana?

Jum'at, 18 September 2015 18:32 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Menikah dengan orang yang dicintai tentu merupakan suatu hal yang diimpikan oleh semua orang. Tapi sayang, ada banyak hal yang bisa menghalangi pernikahan tersebut. Tak hanya menghalangi, beberapa hal bahkan harus membuat seseorang melepas orang yang dicintai dan memilih batal menikah dengannya. Hal tersebut misalnya saja restu orang tua dan weton. Weton, mungkin kamu akan bertanya-tanya apa sih weton itu?

Baiklah, dari berbagai sumber yang saya baca, weton adalah peringatan hari lahir seseorang yang terjadi setiap 35 hari sekali. Weton dihitung dan dinamai berdasar hari lahir pasaran Jawa (Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing) yang akan dipadukan dengan bulan lahir Jawa serta hari lahir Masehi ataupun bulan lahir Hijriah. Untuk orang Jawa tradisional (Kejawen), mengetahui weton seseorang ini sangat penting dan bahkan bisa dibilang hukumnya wajib. Weton akan dijadikan patokan ketika pemiliknya menikah atau melakukan acara besar.

Tidak sedikit pasangan yang akhirnya dipaksa berpisah dengan alasan weton yang tak cocok | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Ketika weton seseorang tidak cocok dengan weton pasangan, tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa hubungan tersebut tak boleh dilanjutkan alias harus putus. Ketidakcocokan weton dengan pasangan dipercaya akan menimbulkan mara bahaya bagi pasangan tersebut atau orang tua mereka. Kesengsaraan digadang-gadang akan mengikuti pasangan yang memiliki weton tidak cocok. Misalnya saja pasangan dengan weton Pahing dan Wage.

Lalu, bagaimana jika cinta Kamu juga terhalang oleh weton? Inilah beberapa pilihan yang mungkin bisa kamu ambil ketika weton menghalangi cintamu. Tapi, apapun yang kamu pilih, percayalah bahwa pilihan itu adalah pilihan terbaik yang bakal bikin masa depanmu lebih bahagia.

Putus dan Ikhlaskan Semuanya

Pilihan pertama yang bisa kamu ambil adalah memilih putus dan ihklaskan semuanya. Ketika cinta terhalang weton, biasanya bukan hanya weton yang tak merestui hubunganmu bersama pasangan. Orang tua yang masih sangat mempertahankan adat Kejawen, pasti akan berada di barisan paling depan, yang akan menentang hubunganmu. Percaya deh, walau sudah putus dengan si dia, akan ada calon pasangan yang lain yang lebih baik darinya.

Tetap Menikah Dan Hadapi Semua Risiko

Karena telah cinta dan kita pun tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, mempertahankan hubungan serta hadapi segala risiko adalah pilihan yang tepat. Percaya saja, Tuhan tak akan memberi ujian pada kita di luar batas kemampuan kita. Percaya saja, takdir (hidup, mati dan jodoh) sudah ada yang mengatur dan akan berjalan baik dengan sendirinya.

Tak Menikah Tapi Tetap Menjalin Hubungan Secara Sembunyi-Sembunyi

Bagi sebagian besar orang, walau tak jadi menikah dan lebih memilih menikah dengan orang lain. Rasa cinta yang besar membuat mereka tetap menjalin hubungan secara sembunyi-sembunyi. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya melakukan perselingkuhan. Oh, kalau yang ini jangan ditiru ya Ladies. Sangat tidak baik. Namun, kalau sekedar berhungan seperti saudara atau sahabat baik tetap boleh... :)

Membahas mengenai weton dan pernikahan, saya jadi ingat dengan seorang sahabat yang batal menikah dengan calon karena weton keduanya tak bisa bersatu. Padahal, keduanya telah menjalin hubungan asmara selama 5 tahun. Dan karena masalah weton, keduanya harus rela untuk saling melepaskan satu sama lain. Saat mendengarnya, sedih memang. Tapi apa daya, kepercayaan seperti ini tak bisa dibantah dan dilanggar begitu saja.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Jika kamu punya tips lain ketika cintamu terhalang weton, jangan lupa share pada kami juga ya. Ceritakan pula bagaimana kisah cintamu... Terima kasih...

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Ini Petani Tionghoa Yang Bantu Proses Kemerdekaan RI