KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

5 Penyebab Wanita Sulit Mengatakan Tidak

Selasa, 19 November 2013 10:15 Penulis: bee
Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Wanita bukan makhluk yang lemah, tetapi entah mengapa rasanya sulit sekali mengatakan tidak. Apakah Anda juga merasakannya?

Bahkan saat disakiti oleh mantan, Anda seringkali tak tega menolaknya ketika ia datang kembali, dan akhirnya memilih jadian. Padahal, Anda sadar saat Anda balikan, akan banyak kejadian yang sama dan masalah sama yang terulang kembali.

Maunya sih bilang tidak, tetapi rasanya tidak enak, sungkan, dan takut menyinggung perasaan. Begitu kira-kira alasan yang dilontarkan sebagian besar wanita. Apakah ini adalah hal yang wajar?

Merasa bersalah kalau menolak

Adalah James Ian Wooder, seorang penulis buku 101 BEHAVIORS A GUY NEEDS TO UNDERSTAND ABOUT HIS WOMAN, yang mengatakan bahwa wanita lebih mudah merasa bersalah ketika menolak ajakan orang lain atau sesuatu. Bahkan, sekalipun hal tersebut remeh dan bisa ditolak, tapi entah kenapa rasa bersalah itu selalu muncul.

Ada wanita yang bisa mengendalikannya dan tetap berani berkata tidak, namun sebagian besar tak bisa menolak.

Takut diperlakukan sama

Wanita merasa takut kesepian dan takut diperlakukan sama. Apabila suatu kali ada yang menolaknya, maka ia akan sedih dan sakit hati. Itulah mengapa ia sendiri berusaha sebisa mungkin tidak menolak dan tidak berkata tidak.

Tak percaya diri

Wanita seringkali tidak percaya akan dirinya. Selain takut diperlakukan sama dan takut kesepian, wanita juga selalu berpikiran negatif. Apabila ditolak, nanti persepsinya gimana ya?

Terlalu berpikir dan takut akan persepsi orang, maka wanita jadi lebih mudah menyerah dan mengiyakan saja hal-hal ajakannya.

Sudah kodrat wanita

Dalam buku FINDING YOUR PRINCE IN A SEA OF TOADS: HOW TO FIND A QUALITY GUY WITHOUT GETTING YOUR HEART SHREDDED, seperti ditulis Dr. Kenneth Ryan, sudah kodratnya wanita diciptakan sebagai makhluk yang sensitif, berempati, peduli pada perasaan orang lain dan takut menyakiti perasaan orang lain.

Itulah sebabnya wanita jadi lebih mudah berkata tidak, dan tidak tegaan terhadap orang lain.

Segala sesuatu memang ada sisi baik dan buruknya. Tidak tega dan peduli pada orang lain juga selalu dibutuhkan sebagai salah satu karakter wanita. Tetapi kalau pada setiap kesempatan selalu takut berkata tidak, bagaimana bisa wanita maju?

So ladies, ketahui kapan saat yang tepat berkata tidak, dan menolak keinginan yang tak sesuai dengan apa yang Anda percayai.
 

(vem/bee)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Dari KapanLagi Untuk Indonesia