Sukses

Relationship

7 Cara agar Lebih Mencintai Diri Sendiri Setelah Patah Hati

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri seringkali agak susah dilakukan ketika masih dalam kondisi patah hati, karena umumnya orang masih merasa sedih, marah, bersalah dan memiliki lebih banyak emosi negatif di hatinya. Butuh waktu untuk bisa mulai mencintai diri sendiri lebih lagi. Patah hati memang menyakitkan. Tak jarang, orang mengaku stres karenanya. Sedih tentu boleh, tapi jangan berkepanjangan. Jika berusaha mencintai diri sendiri lebih lagi setelah patah hati, ini beberapa cara mujarab untuk melakukannya.

1. Curahkan isi hati

Dalam sesi curhat kepada sahabat atau orang-orang terdekat yang bisa dipercaya, kamu akan belajar untuk melepaskan emosi yang terpendam di hati dan menghadapi rasa sakitmu. Setelah emosi negatif terlepaskan, kamu perlu belajar untuk merelakan. Semuanya sudah berlalu, maka dari itu kamu perlu berjalan maju. Sudah banyak waktu yang kamu habiskan untuk bersedih hati, sudah saatnya menyambut hari yang cerah, karena dunia tidak berhenti tanpa dia.

2. Jalan-jalan

Untuk menghilangkan kenangan masa lalu, mau itu indah atau buruk, jadwalkan untuk jalan-jalan atau traveling, baik sendiri maupun dengan teman-teman. Kegiatan ini akan membantumu melihat bahwa dunia ini luas, tempat yang kamu tinggal tidak hanya berkutat dengan dia saja, sekaligus menambah pengalamanmu dalam hidup. Banyak orang mampu mengakhiri rasa sakit dan parah hati setelah jalan-jalan. Lepaskan stres dan temukan kebahagiaan dalam pikiranmu sendiri.

3. Miliki "me" time

Ini adalah salah satu cara memberi waktu kepada diri sendiri untuk sembuh dari patah hati. Miliki waktu me time sehingga kamu kembali menikmati hidupmu sesuai dengan caramu. Relaksasi menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan sedih akibat patah hati. Kamu perlu memanjakan dirimu sendiri, melakukan hal-hal yang kamu inginkan dan mampu melepaskan beba. Entah dengan pijat, spa, creambath di salon, berenang atau yang lainnya, sensasi nyaman, tenang, dan segar dapat membuat pikiran menjadi tenang.

4. Berkumpul dengan teman-teman

Jika tidak bisa mengambil jeda hari untuk liburan, sisihkan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman lama. Berkumpul dengan teman-teman akan memberimu waktu mengalihkan pikiran dan melupakan kepedihan. Kamu perlu lebihs ering bercanda dengan mereka, bahkan bernostalgia akan masa lalu yang indah dengan mereka. Seringkali itu akan membuat tenang pikiran sehingga rasa sakit akan patah hati pun hilang.

5. Serius menekuni hobi

Punya pasangan terkadang membuatmu lupa akan hobimu, hobi menjadi terbengkalai dan tersisihkan. Padahal dahulu saat lajang, kegiatan itulah yang mampu menciptakan kegembiraan. Nah, ketika menjadi single lagi, manfaatkan waktu untuk kembali menekuni hobi pun tersedia. Tekuni dan seriusi hobi, jika memungkinkan, ikutlah dengan komunitas, maka kamu akan mampu melupakan dan mengalihkan rasa sakit akibat patah hati, bahkan menemukan pengganti.

6. Menulis

Salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan luka akibat patah hati adalah dengan menulis, terutama menulis diary seperti zaman dahulu. Meski terlihat sepele, menulis dapat mengeluarkan emosi yang ada dalam pikiran, terutama untuk kamu yang tidak terbiasa bercerita secara verbal dengan orang. Percaya dan cobalah, itu akan terbukti mampu meringankan rasa pedih di hati. Setelah kamu baca kembali, kamu akan menemukan rasa percaya diri, dan perasaan sedih yang berlarut-larut itu akan kamu benci. Dari situlah kamu akan belajar mencintai diri sendiri. 

7. Fokus pada hal positif

Putus cinta jangan kemudian membuatmu trauma untuk membuka hati dan menerima cinta yang akan datang. Tidak semua pria akan berlaku sama padamu, jadi fokuslah pada sisi positif dari hubungan cinta. Jangan kapok jatuh cinta, jangan takut menjalin rasa, hatimu akan selalu siap untuk menemukan pengalaman baru, karena itu akan perlahan mendewasakan. Jadi, selagi menunggu sosok yang tepat, berpikir dan bersikaplah positif.

Menyembuhkan luka akibat patah hati memang sulit, tetapi obat mujarab untuk sembuh juga tidak sedikit. Jadi yuk mulai mencintai diri sendiri lebih lagi setelah patah hati!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading