Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Mengapa Ada Sebagian Orang yang Tak Suka Pelukan

Biasanya orang akan melakukan pelukan saat merasa senang ataupun saat merasa disayangi. Pasalnya, pelukan memang bermanfaat dalam berbagai macam aspek. Salah satunya berpelukan dapat memicu tubuh untuk memproduksi oksitosin atau hormon cinta.

Seperti yang dilansir dari klikdokter, hormon oksitosin bisa memberikan efek tenang pada tubuh sehingga bisa mengatasi stress, meredakan ketegangan, dan menciptakan rasa tenang. Namun meskipun banyak manfaatnya, ada saja sebagian orang yang tidak suka berpelukan. Dilansir dari pshychologytoday, ini dia alasannya.

1. Seseorang memiliki masalah kepercayaan diri

Orang yang sering melakukan kontak fisik, pada dasarnya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Sebaliknya, orang yang jarang melakukan kontak fisik seperti berpelukan cenderung ragu-ragu saat melakukannya. Biasanya mereka akan menutup diri dan merasa tidak yakin pada diri sendiri saat menerima kasih sayang dari orang lain.

2. Seseorang bisa saja memiliki kondisi tubuh tertentu

Seperti yang kita tahu, bahwa ada saja orang yang bingung saat mengungkapkan emosinya kepada orang lain. Orang tersebut hanya bisa merasa tegang dan merasa terpaksa saat melakukan sentuhan. Biasanya orang yang mengalami hal ini adalah orang yang memiliki trauma seperti pernah di-bully sehingga ia tidak merasa percaya diri melakukan kontak fisik terutama berpelukan.

3. Seseorang memiliki fobia terhadap sentuhan

Tahukah kamu istilah germophobia? Germophobia adalah kondisi seseorang merasa terancam saat adanya otak fisik. Orang yang menderita penyakit ini akan merasa taut terhadap kuman sehingga ia takut bersentuhan dengan orang lain. Selain itu, kondisi ini juga dialami oleh pengidap Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).

Nah, jika kamu pernah mengalami salah satu hak di atas sebaiknya memang kamu konsultasikan kepada dokter. Jangan sampai ketakutan ini hanya akan membuatmu depresi dan menutup diri dari lingkungan luar. Pada dasarnya, berpelukan dengan orang yang disayang adalah hal yang bermanfaat untuk dirimu sendiri.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading