Sukses

Lifestyle

5 Alasan Sebaiknya Nggak Perlu Musuhan Sama Mantan

Menghadapi perpisahan jelas tidak mudah. Memutuskan sebuah hubungan pun kadang jadi hal yang begitu menyesakkan dada. Tapi ketika perpisahan justru jadi jalan yang terbaik, maka pilihan sulit ini mungkin bisa memberi kebahagiaan pada masing-masing pasangan.

Hanya saja jangan sampai ya kita malah musuhan sama mantan. Sekalipun sudah tidak ada rasa cinta atau ikatan hubungan asmara, sebaiknya tetap jaga hubungan baik. Meski sudah nggak deket lagi, tapi jangan sampai malah menyimpan rasa benci di dalam diri sendiri. Ada sejumlah alasan kenapa kamu nggak perlu musuhan sama mantan.

1. Menyimpan dendam hanya akan melukai dirimu sendiri
Ya sudahlah ya, yang berlalu biarlah berlalu. Jangan malah menyimpan rasa dendam di dalam diri. Sekalipun dulu dia pernah melukaimu, tapi kan sekarang sudah diakhiri semuanya. Meski nggak bisa berteman dengannya, nggak apa-apa kok asal jangan malah saling benci.

Berdamai dengan keadaan ya./Copyright unsplash.com/clem onojeghuo

2. Kamu berhak bahagia
Yup, pada akhirnya kebaikannya juga akan kembali padamu bila kamu memutuskan untuk berdamai dengan keadaan. Kalau hidupmu masih dikekang dengan hal-hal buruk di masa lalu, kamu bakal sulit untuk menjalani hidup yang baru. Jadi kalau mau bahagia, nggak perlu musuhan sama orang yang belum tentu peduli sama kamu.

3. Mencegah gosip-gosip baru
Misalnya nih, kalau kamu masih stalking media sosialnya dan menuliskan komentar-komentar kebencian padanya, bisa jadi orang lain berprasangka kamu masih ngebet ingin balikan. Jadi daripada menunjukkan sikap permusuhan, mending coba biasa aja. Biar dia melanjutkan hidupnya sendiri, kamu pun melanjutkan kehidupan bahagiamu sendiri. Nggak perlu memicu sesuatu yang malah menimbulkan gosip-gosip nggak jelas.

Move on aja ya./Copyright unsplash.com/hannah jacobson

4. Biar cepat move on
Nah, ini nih. Biar cepat move on kamu memang harus berdamai dengan kenyataan yang ada. Hubungan sudah berakhir, jadi sebaiknya memang diterima saja dengan hati yang seikhlas-ikhlasnya. Kalau malah musuhan dengannya, nantinya kamu malah makin sulit move on karena kamu masih saja terlibat menjadi bagian hidupnya.

5. Mencegah awkward moment kalau mendadak ketemuan
Kadang hidup bisa penuh dengan kejutan. Bisa jadi dalam suatu kesempatan, mendadak kamu ketemu lagi sama mantan. Kalau setelah putus, kamu malah musuhan sama dia, nanti begitu ketemu lagi suasana jadi canggung. Nggak enak banget kan pastinya. So, untuk mencegah awkward moment, mending kamu sama mantan tetap menjaga hubungan baik biasa saja.

Pada akhirnya kebaikannya juga kembali pada dirimu sendiri, ladies. Daripada musuhan, mending kamu fokus jalani harimu dengan hal-hal yang bisa membuatmu happy. Jangan menghambat dirimu sendiri dengan kenangan yang sebenarnya sudah tak perlu diingat lagi.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading