Sukses

Lifestyle

3 Cara Membangun Komunikasi untuk Hubungan Asmara Minim Berantem

Sering dengar kan kalau kunci langgengnya sebuah hubungan itu adalah komunikasi yang baik? Cuma masalahnya komunikasi yang baik itu standarnya bisa saja berbeda-beda pada tiap hubungan dan pasangan. Meski begitu, ada cara-cara paling dasar yang bisa diikuti untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan.

Kesalahan komunikasi bisa menyebabkan sejumlah masalah, seperti saling curiga hingga memicu pertengkaran. Sesekali berantem dengan pasangan sih nggak apa-apa ya. Tapi kalau jadi keseringan berantem karena komunikasi yang salah, jadinya capek juga. Nah, biar hubungan asmara selalu romantis dan minim berantem, coba ikuti tiga carah ini deh.

1. Luangkan waktu khusus berduaan untuk mengobrolkan hal-hal penting
Seperti yang dikutip dari elitedaily.com, belajar untuk berkomunikasi dengan pasangan butuh waktu. Tak semua pasangan bisa langsung klik dengan banyak hal. Sangat mungkin terjadi perbedaan pendapat dan sudut pandang akan satu hal yang sama. Untuk menjembatani segala perbedaan yang ada, luangkan waktu khusus berdua untuk membicarakan hal-hal penting. Bila perlu selalu cari tempat yang paling nyaman dan bisa membuat kamu dan pasangan fokus satu sama lain untuk mau saling mendengar dan mengungkapkan perasaan.

Copyright unsplash.com/brooke winters

2. Hindari sikap menghakimi atau langsung menyalahkan
Kita pun pasti tidak akan merasa nyaman bila langsung dihakimi atau disalahkan karena sebuah hal. Selalu sediakan waktu untuk saling mendengar terlebih dahulu. Ketika memang ada yang salah, baru diluruskan bersama. Kalau kamu yang ternyata memang berbuat kesalahan, jangan ragu untuk minta maaf. Begitu pula bila ternyata yang salah itu dari pasanganmu, kamu bisa membantunya memperbaiki kesalahannya dan bukan malah menyudutkannya. Saling respek dan pengertian penting untuk dimiliki setiap pasangan demi komunikasi yang baik.

Copyright unsplash.com/alexandra gorn

3. Saling terbuka soal kebutuhan masing-masing
Apa yang dibutuhkan pasanganmu darimu? Apa yang kamu butuhkan dari pasanganmu dalam hubungan yang dijalin bersama? Saatnya untuk saling terbuka soal kebutuhan, keinginan, dan harapan yang dimiliki dalam hubungan. Buka ruang yang lebih luas untuk bisa saling memahami. Agar ke depannya tidak ada salah paham. Selain itu dengan cara ini, kamu dan pasangan juga bisa mengenal karakter masing-masing dengan lebih dalam.

Yup, itu tadi tiga cara paling dasar untuk membangun komunikasi dalam hubungan. Atau mungkin kamu punya cara atau tips tambahan untuk membangun komunikasi yang bikin hubungan langgeng? Share di sini, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading