Sukses

Lifestyle

Apakah Baik Menjalani Status Hubungan Tunangan Terlalu Lama?

Sebelum menikah, banyak orang akan memilih untuk melamar pasangannya terlebih dahulu dan melangsungkan tunangan sebagai tanpa pengikat hubungan. Meskipun belum resmi menjadi suami istri, namun masa-masa ini biasanya akan menguji komitmen satu sama lain sebelum bisa melangsungkan ikatan pernikahan yang sesungguhnya.

Umumnya, jarak dari status tunangan menuju peresmian status pernikahan itu sendiri tidak begitu lama. Namun bagaimana jika status hubungan tunangan ini ternyata berlangsung lebih lama dari yang kita kira, ladies? Apakah baik untuk hubungan itu sendiri? Karena bagaimana pun, pasti ada waktu spesifik untuk menjalani status hubungan ini.

Dilansir dari Brides.com, para ahli setuju jika status hubungan tunangan seharusnya hanya berkisar antara sembilan sampai 18 bulan. Jika lebih dari waktu tersebut, dikhawatirkan pasangan bisa terjebak dalam zona nyaman, tanpa benar-benar bisa mengambil keputusan besar untuk menikah di masa depan.

Idealnya, status tunangan menjadi status peralihan yang mempersiapkan pria maupun wanita untuk selanjutnya bisa menyesuaikan diri masuk ke jenjang pernikahan. Status tunangan hanya menjadi penunda masa depan, dan ketika sudah menikah, pasangan pria dan wanita akan fokus pada tujuan merencanakan masa depan bersama.

Diperlukan keterlibatan satu sama lain untuk mencapai kesepakatan berapa lama waktu yang tepat untuk menjalani status tunangan. Jika memang dalam perspektif bersama, status tunangan bisa menjadi jembatan untuk saling mengenal dan memahami satu sama lain sehingga hubungan cinta tersebut bisa lebih terstruktur, dewasa dan bijaksana, maka tidak masalah menjalin tunangan dalam waktu yang lama.

Tentu saja ladies, situasi dan kondisi setiap pasangan sejoli bisa berbeda-beda, dan kemungkinan ada alasan kuat yang mendukung status tunangan harus diperpanjang.

Namun jika tidak ada halangan, alangkah baiknya jika bisa mempersingkat status tunangan tersebut agar satu sama lain tidak merasa bimbang dan digantungkan karena menunggu kepastian kapan akan menikah. Menurut kamu bagaimana?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading