1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Saat Berada di Dekat Wanita, Pria Cenderung Makan Berlebihan

Jum'at, 10 Agustus 2018 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/prudence earl

Vemale.com - Sikap dan perilaku seorang pria bisa berubah saat berada di dekat gebetan atau wanita yang disukainya. Salah satunya adalah perubahan perilaku ketika makan. Saat berada di dekat wanita yang disukainya, pria punya kecenderungan bakal makan banyak atau makan berlebihan.

Ada penelitian menarik terkait hal tersebut. Melansir pulseheadlines.com, sekelompok peneliti tingkah laku dari Cornell University melakukan penelitian yang menyebutkan bahwa pria akan mengonsumsi lebih banyak makan bila ditemani wanita. Hasil penelitian ini dipublikasikan secara online di Springer pada 10 November 2015.

Peneliti mengobservasi beberapa meja di prasmanan all-you-can-eat Italia. Data yang dikumpulkan dari pola-pola restoran menunjukkan bahwa pria yang makan dengan sedikitnya satu wanita di mejanya mengonsumsi lebih banyak makanan bila dibandingkan makan sendirian atau makan bersama pria lain.

Lebih spesifiknya, pria yang makan bersama wanita mengonsumsi 93% pizza lebih banyak dan 86% salad lebih banyak. Kniffin dan rekannya meyakini bahwa hal ini terjadi karena pengaruh pikiran bawah sadar dari kebiasaan sosial. Pria bisa jadi makan berlebihan untuk memamerkan kebugaran tubuhnya dan agar tampak lebih menarik atau atraktif di depan gebetannya.

Apakah pria merasa nervous makan di dekat wanita?/Copyright unsplash.com/zuza reinhard

Meski pria cenderung makan banyak di dekat wanita, tapi pilihan makanannya bisa lebih sehat. Dari penelitian tersebut, rata-rata pria mengonsumsi tiga potong pizza dan lima mangkuk salad saat makan bersama wanita. Hasil penelitian ini mengindikasikan sebuah kecenderungan pada perilaku sosial pria. Namun, sejumlah ilmuwan tak sepakat dengan kesimpulan penelitian itu.

Samantha Heller, ahli gizi klinis yang tidak bergabung dalam penelitian tersebut mengatakan kalau faktor-faktor lain pun perlu dipertimbangkan dalam kesimpulannya. Bisa jadi faktor seperti perasaan pribadi dan pengaruh saraf ikut mempengaruhi hasilnya.

Kalau dipikir-pikir ada kemungkinan seorang pria menjadikan makanan sebagai pelampiasan untuk mengatasi perasaan deg-degan atau gelisah berada di dekat wanita yang disukainya. Sehingga tanpa sadar pria jadi makan berlebihan ketika berada dekat atau ditemani wanita yang disukainya.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Ruben Onsu Cari Pertolongan, Orang-Orang Terdekatnya Jadi Korban