Sukses

Lifestyle

Berpisah Jauh Lebih Baik daripada Bertahan dalam Cinta Palsu

Ketika aku mengalami sakit hatiku yang pertama, aku tidak bisa berhenti menyalahkan diriku sendiri. Pikiran tentang “Seharusnya aku begini,” atau “Seandainya aku tidak melakukan itu,” tumpang tindih setiap hari, sepanjang waktu. Wajar kupikir, jika ada seseorang yang bunuh diri karena putus cinta. Seandainya saat itu usiaku sudah dewasa dan punya banyak peluang tanpa dikekang orang tua, aku sudah pasti bunuh diri. Meski bertahun-tahun setelahnya, aku bersyukur pengalaman itu membuatku tumbuh jadi individu yang lebih dewasa.

Aku menghabiskan apa yang seharusnya menjadi tahun-tahun terbaik dan masa remajaku dengan berduka. Tidak ada senang yang terlalu, dan sedihku selalu berkali-kali lipat lebih dari seharusnya. Aku ini tidak layak disayangi, kan? Seharusnya dia tidak pergi, seharusnya kami baik-baik saja. Tapi hari-hari berlalu untuk semua orang, dan tanpa kita sadari, pelan-pelan segalanya mulai membaik.

Ilustrasi./Copyright pexels.com/clara

Dalam fase kehidupanku yang baru, aku mulai aktif dalam komunitas dan organisasi, menyibukkan diri dengan orang-orang baru. Siapa sangka bahwa di dalam komunitas ini lah, aku bertemu dengan lelaki yang akhirnya sempat menjadi pasanganku. Memaafkan diri sendiri dan membuka hati untuk orang lain adalah pisau bermata dua.

Di satu sisi, menyenangkan sekali rasanya mencintai dan dicintai, tetapi pada saat yang sama, aku tahu aku belum sepenuhnya “sembuh”. Ketika itu, pikirku, hubungan ini tidak boleh gagal. Segala hal yang pernah kulakukan salah, kali ini tidak boleh lagi demikian. Pokoknya, tidak boleh ada ruang untuk kesalahan yang sama.

Ilustrasi./Copyright pexels.com/ylanite koppens

Tanpa aku pahami kala itu, manusia itu... berbeda-beda. Aku tidak bisa serta-merta menyamakan perilaku atau mengemis cinta yang tidak seharusnya. Terkadang, entah bagaimanapun keras kita berusaha, apapun itu: sesuatu, seseorang yang bukanlah jodoh kita, tidak akan pernah jadi milik kita selamanya. Kali ini, di mana celahku? Tampaknya, menghindari konflik bukan sekadar dengan selalu menyatakan “iya,” atas segala hal. Terkadang, kita harus menyadari apa yang patut kita perjuangkan, dan seringkali itu adalah diri kita sendiri.

Aku mengakhiri hubunganku dengan lelaki ini akhir tahun lalu, menyadari bahwa pada akhirnya aku harus mampu menerima diriku sendiri terlebih dulu sebelum aku siap bersama dengan orang lain. Kami tidak mengakhirinya baik-baik, lelaki ini bosan padaku. Sepertinya, hubungan yang tenang dengan wanita yang selalu meng-iya-kan segalanya terlalu mudah untuk ia jalani.

Ilustrasi./Copyright pixabay.com

Ketika akhirnya ia katakan bahwa tak ada lagi rasa dan bahwa kita sudah terlalu jauh melampaui jenuh, kurasa aku sudah menduganya sejak lama. Seperti “ditinggalkan” adalah akhir yang telah kuketahui, dan bahwa aku sendiripun yakin, aku bukan pribadi yang layak untuk bahagia. Tak lama setelah itu, kudengar kabar bahwa ia akhirnya menjalin hubungan dengan wanita lain, wanita yang adalah temanku sendiri.

Aku tidak ingin menduga-duga atau berspekulasi. Tetapi, melihat sekelilingku bahagia dengan urusannya sendiri, sementara duniaku hancur berantakan bukanlah sesuatu yang kuharapkan terjadi. Jadi aku memilih untuk pergi dari komunitas yang pernah jadi rumahku. Bayangkan, menghabiskan waktu untuk mencintai lelaki yang baru, membentuk diri dan menyempurnakan sikap, ternyata bukanlah jaminan seseorang tidak bisa pergi dari hidup kita.

Ditambah kepergianku dari komunitas itu menyudutkanku pada posisi kehilangan: pasangan, dan rutinitas. Tapi pilihan itu adalah pilihan yang sama yang pada akhirnya menjadikanku hidup, karena akhirnya aku menyadari bahwa kehilangan rasanya tidak seburuk berada pada hubungan yang salah, yang penuh tuntutan, dan yang tidak membiarkanku bertumbuh sebagai individu. Dalam kehilangan itulah, aku rasa aku mulai menemukan diriku lagi.

Ilustrasi./Copyright pexels.com/destiawan nur agustra

Kebencianku pada lelaki ini tidak berlangsung sama. Sesaat setelah aku menyadari betapa aku mencintai kebebasan dan pilihan-pilihan hidupku tanpa dikekang, aku mulai berdamai dengan masa lalu. Memaafkan seseorang yang pergi dan memilih orang lain, tentu tidaklah mudah pun singkat.

Ketika akhirnya aku memaafkannya, itu bukanlah sesuatu yang kulakukan untuknya, melainkan untuk diriku sendiri. Karena aku layak bahagia, lepas dari dendam dan rasa takut untuk mencintai lagi.

Kau tahu, terkadang tidak ada patokan kesempurnaan dalam suatu hubungan. Tidak ada apapun yang kau lakukan atau tidak lakukan, yang bisa menjaga seseorang untuk terus bersamamu, menjadi pasangan hidupmu. Tapi satu hal yang pasti, ketika kau menerima dirimu seutuhnya, menerima masa lalu yang buruk dan menghargai pilihan bebasmu sendiri, bahkan rasa kehilangan sebesar apapun pada akhirnya akan membaik. Lukamu akan sembuh.

Seperti yang juga terjadi padaku. Seseorang yang tepat akan datang pada waktu yang tepat pula, tak akan terlambat ataupun terlalu cepat. Sampai saat itu tiba, aku punya diriku sendiri dulu untuk kucintai sepenuh-penuhnya.

Kau juga begitu, kau akan baik-baik aja. Sampai saatnya tiba, berbahagialah.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading