Sukses

Lifestyle

Tak Usah Buru-Buru, Hanya Perlu Menunggu Waktu Agar Jodoh Bertemu

Setiap orang punya kisah dan perjuangannya sendiri untuk menjadi lebih baik. Meski kadang harus terluka dan melewati ujian yang berat, tak pernah ada kata terlambat untuk selalu memperbaiki diri. Seperti tulisan sahabat Vemale yang diikutsertakan dalam Lomba Menulis Vemale Ramadan 2018, Ceritakan Usahamu Wujudkan Bersih Hati ini. Ada sesuatu yang begitu menggugah perasaan dari kisah ini.

***

Assalamu'alaikum,tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan suci Ramadhan bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim.

Pasti untuk yang berstatus single ataupun jomblo resah karena tidak ada yang ngucapin selamat berbuka puasa, tidak ada yang ngebangunin saat sahur, ngucapin semangat puasanya bentar lagi buka, jangan lupa tarawih dan tadarusan. Itu semua kata-kata yang sering diucapkan via aplikasi chatting, telepon ataupun video call via WhatsApp ataupun BBM. Bingung mau buka bersama dengan siapa sekarang kan aku jomblo? Don’t worry,itu semua bisa diatasi.

Berbuka puasa meskipun tidak dengan pasangan tidak masalah, yang penting niat kita untuk beribadah hanya kepada Allah. Percuma kalau kita mengeluh tahun ini tidak ada yang ngucapin selamat berbuka lah apalah, don’t be sad. Di luar sana masih banyak saudara kita yang bahkan untuk sahur atau buka puasa sangat sulit didapatnya.

Ilustrasi./Copyright pexels.com/mustafa ezz

Kita seharusnya lebih mensyukuri apa yang sudah kita miliki saat ini. Tidak ada pasangan untuk diajak bukber tidak masalah, masih ada orang-orang terdekat kita yang setia ada buat kita. Orangtua dan keluarga adalah satu-satunya harta yang sangat berharga. Tanpa pasangan kita bisa menikmati buka bersama dengan penuh kebahagiaan. Dan tak lupa teman-teman terdekat yang selalu men-supportkita.

Di bulan yang mulia ini hendaknya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah swt, perbanyak zikir, dan lakukan kegiatan yang positif. Bersihkan hati kita dari perbuatan maksiat, perbuatan yang bisa merugikan orang lain dan masih banyak lagi. Untuk yang baru saja patah hati, gagal menikah, dan lainnya pasti masih dirundung rasa kecewa, gelisah, galau dan masih banyak macamnya. Memang kalau masalah hati, kalau sudah dibuat sakit hati galaunya minta ampun. Untuk move on perlu waktu lama.

Maka dari itu untuk mengobati rasa sakit hati kita di bulan Ramadhan ini mari kita banyak-banyak membaca Al-Qur’an (tadarus qur’an) Insyaallah hati kita jauh lebih tenang dan tenteram. Ikutlah kegiatan keagamaan yang ada di kampus (yang kuliah), yang masih sekolah juga bisa biasanya kegiatan seperti remaja masjid dan kegiatan lainnya yang bernilai positif.

Ilustrasi./Copyright pexels.com/mustafa ezz

Rezeki, jodoh dan maut sudah ada yang mengatur. Masalah pasangan atau jodoh bagi sebagian orang yang belum bertemu jodohnya, mungkin karena belum cocok atau karena masalah waktu. Maka dari itu, kita hanya bisa berusaha dan berdoa karena jodoh merupakan rahasia Allah swt. Ada sebuah quoteyang berbunyi:

Jika rindu maka

Berwudulah

Salat

Mengadulah kepada Allah atas segala yang kau rasakan

Jika memang Dia yang kau maksud adalah takdirmu

Maka Allah yang menggerakkan kedua hati untuk

bertemu dan bersatu

Bersabarlah

Karena Allah swt lebih mengerti diri kita dibanding diri kita sendiri

(Noname)

Ilustrasi./Copyright pexels.com/mustafa ezz

Percayalah bahwa jodoh kita sudah ditentukan sama yang di atas. Karena dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 26 yang artinya,

“Perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula. Perempuan yang baik adalah  untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik."

Jodoh yang baik akan dipertemukan di tempat dan waktu yang baik. Tinggal kita mau menerimanya dengan cara yang bagaimana. Karena kalau kita menginginkan jodoh yang baik maka perbaiki diri kita dahulu untuk menjadi yang lebih baik. Insya Allah jodoh kita nanti sesuai yang kita harapkan. Aamiin.

Untuk itu marilah kita berlomba-lomba di bulan suci ini, banyak memperbaiki diri, lebih mendekatkan diri kepada Allah swt dan alangkah baiknya itu semua kita jalani di bulan-bulan lain selain Ramadhan. Karena semua bulan itu baik selagi kita ada niatan untuk menjadi yang lebih baik mumpung kita masih hidup di dunia hitung-hitung bekal buat kehidupan di akhirat kelak.

Sekian dari saya wassalamu'alaikum wr, wb. -ikak13

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading