1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Cara Berkomunikasi dengan Pasangan Berdasarkan Golongan Darahnya

Kamis, 03 Mei 2018 13:00 Penulis: Endah Wijayanti
llustrasi komunikasi./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Komunikasi yang baik jadi kunci penting sebuah hubungan yang langgeng. Cuma masalahnya kadang kita kesulitan menemukan cara komunikasi yang tepat karena karakter pasangan yang begitu unik. Tapi tenang saja, ladies kali ini ada cara yang cukup jitu yang bisa kamu coba untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan.

Coba sesuaikan cara berkomunikasimu dengan karakter dan kepribadiannya berdasarkan golongan darahnya. Dengan begini, komunikasi bisa dibangun lebih terarah dan setiap masalah yang muncul bisa dibicarakan baik-baik untuk diselesaikan bersama.

Pasanganmu Bergolongan Darah A

Umumnya, orang bergolongan darah A ini terkenal dengan pribadinya yang lurus. Ia sangat memegang kuat prinsip hidup, jadi jangan heran kalau kadang ia begitu keras kepala. Meski begitu, seorang A bisa mengalah untuk hal-hal yang sifatnya tidak prinsipil.

Dalam berkomunikasi, seorang A adalah pribadi yang tenang dan efisien dalam hal omongan. Kalau sedang tidak bicara, dia menggunakan waktunya untuk mengamati sekitarnya. Sekali dia angkat bicara, dia bisa memaparkan dengan baik hasil analisanya.

Copyright shutterstock.com



Golongan darah A sering memendam perasaannya sendiri, ia juga bukan orang yang suka menyinggung maupun berdebat. Sehingga ketika berkomunikasi dengannya, gunakan bahasa yang baik bila ingin merebut hatinya.

Kamu juga bisa berusaha untuk meminta pertimbangan atau pendapatnya. Cuma perlu diingat kamu juga jangan gampang baper dengan kata-katanya yang to the point, karena biasanya seorang A sudah memikirkan dengan baik apa yang ingin disampaikan dan itu memang sesuai dengan realita.

Kunci penting lainnya adalah kamu harus bisa menggunakan bahasa yang menyenangkan hatinya dengan runut dan teratur. Coba lunakkan hatinya terlebih dahulu agar sosok pemberontak dan sisi keras kepalanya tidak terlalu mendominasi nantinya.

Pasanganmu Bergolongan Darah B

Orang bergolongan darah B ini dikenal cukup enerjik dan dinamis. Mereka lebih ekspresif dan berani untuk melakukan dan mengutarakan apa yang ada di pikirannya. Namun mereka adalah orang yang punya aturan sendiri. Ia punya karakter bisa sangat antusias melakukan sesuatu tapi juga gampang bosan. Tapi begitu ia sudah menekuni sesuatu yang benar-benar disukai, dia akan sangat serius melakukannya.

Sebenarnya nggak terlalu susah kok berkomunikasi dengan seorang B. Pada dasarnya, golongan darah B adalah orang yang suka ngobrol. Sehingga dia senang bila diajak bicara. Namun pastikan kamu bicara dengan runtut, ada awal dan ada akhir. Kenapa? Soalnya golongan darah B nggak terlalu suka pembicaraan yang terlalu melompat-lompat, apalagi dengan akhir yang menggantung. Dia bisa bete kalau mendengarkan seseorang bicara random dan nggak ada kejelasan sampai akhir.

Copyright shutterstock.com



Kamu bisa melibatkan perasaan saat berkomunikasi dengan B. Tapi sebaiknya kamu menggunakan lebih banyak gunakan logika dan fakta-fakta. Dia sangat menyukai hal-hal yang jelas, dan kurang suka dengan hal-hal yang bersifat rekaan atau perkiraan semata. Seorang B juga sangat suka dengan gaya bicara yang tegas dan jelas.

Pasanganmu Bergolongan Darah O                  

Orang bergolongan darah O sama ekspresifnya dengan golongan darah B, cuma ia cenderung lebih polos dan tidak menyerang. Seorang O biasanya bisa membuat sebuah kelompok menjadi lebih hidup, oleh karena itu mereka sangat bersemangat dan mudah disukai oleh semua orang.

Orang bergolongan darah O termasuk tipe yang santai. Mudah menerima hal baru, tapi juga mudah terpengaruh. Seorang O umumnya sangat pandai menutupi perasaan sehingga selalu nampak senang meski punya masalah. Diam-diam mereka ini cukup keras kepala dan sering ceroboh sehingga tergelincir pada masalah karena perbuatan mereka sendiri.

Copyright shutterstock.com



Untuk bisa berkomunikasi dengan golongan darah O, kamua harus berusaha sebisa mungkin untuk menjadi sosok yang sama ceria dan bersemangatnya. Gunakan gaya bahasa yang lebih to the point dan tegas. Kalau kamu bisa berbicara dengan tegas, biasanya orang golongan darah O bisa menghargainya, bahkan segan.

Oh iya, kalau berkomunikasi atau berbicara dengannya, jangan ngambek dan diam bila ada masalah dengannya ya. Dia termasuk orang yang lebih menyukai kenyataan daripada kepura-puraan. Jangan pula berbohong atau menyakitinya karena sekali dia tersakiti ia akan mengingatnya seumur hidupnya, meski pada situasi tertentu ia bukan tipe orang yang suka ambil pusing.

Pasanganmu Bergolongan Darah AB

Golongan darah AB memiliki sifat seperti A dan B. Kamu mungkin agak kebingungan untuk menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengannya. Kadang mereka humble dan mengagumkan seperti si A, kadang dia begitu spontan dan keren ala golongan darah B. Namun kadang juga tak beraturan dan susah ditebak karena menjadi keduanya dalam waktu bersamaan.

Seorang AB boleh dibilang moody, banyak juga yang mengatakan mereka sangat random, bahkan kadang aneh. Meski begitu dia tipe orang yang bisa dipercaya, perhatian, bertanggung jawab selama tekanannya tidak terlalu besar dan merupakan sosok yang sangat peka.

Copyright shutterstock.com



Yang perlu kamu tahu, orang bergolongan darah AB ini punya gaya bicara mereka sendiri dan bisa berubah mood dengan cepat. Di sini, kamu harus bisa meluangkan waktu khusus untuk belajar mengikuti dulu bagaimana alur bicaranya. Setelahnya, tanggapi dengan lebih tegas dan terarah. Orang bergolongan darah AB ini juga mudah berubah sebelum benar-benar sepakat, jadi kamu perlu membantunya untuk mengambil sikap.

Golongan darah AB punya sifat yang mudah lupa, jangan ragu untuk mengingatkan dan menegaskan apa yang sudah disepakati bersama. Meski dia awalnya terlihat sulit dipahami atau didekati, tapi begitu sudah merasa nyaman dia bakal betah menghabiskan waktu berjam-jam mengobrol denganmu.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu ya ladies. Seni berkomunikasi memang harus dirasakan, dicoba, dan dipelajari langsung.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Hanung Bramantyo Bicara Tentang 'The Gift' #MovieTalks