Sukses

Lifestyle

Nggak Romantis Lagi! 5 Penyebab Cinta Malah Berkurang Setelah Menikah

Membangun sebuah pernikahan yang harmonis memang harus dilandasi dengan perasaan cinta yang kuat. Tapi bagaimana kalau cinta malah makin luntur setelah menikah? Wah, jika hal ini terjadi kita harus bisa menemukan akar masalahnya untuk menyelesaikannya.

Cinta sendiri menjadi perasaan yang menyatukan indra, emosi, pikiran, dan tubuh dua individu. Cinta yang mengikat dua individu ini dikunci oleh apa yang disebut sebagai pernikahan. Namun beberapa pasangan merasa kehilangan cinta yang semesta ada setelah menikah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti dilansir dari Boldsky pada Minggu (29/4/2018).

1. Ekspektasi
Ketika berada dalam sebuah hubungan, tidak dapat dipungkiri jika masing-masing individu membawa ekspektasinya pada pasangan. Kemudian, masuk ke dalam ranah pernikahan yang semakin menambah ekpektasi terssebut. Rasa cinta yang ada seakan menjadi melelahkan karena adanya tekanan dari ekspektasi. Ekspektasi yang berlebihan akan semakin sulit untuk dipenuhi yang membuat rasa cinta memilih menyerah dan akhirnya hilang.

2. Tanggung jawab
Sebenarnya jika cinta benar-benar dalam hubungan, ia tidak akan pernah padam. Ia hanya berhibernasi dan akan bangun di kemudian hari. Namun alasan di balik hilangnya cinta adalah adanya kediktatoran tanggung jawab yang membuat cinta tertekan. Ada pihak yang terlalu memaksakan tanggung jawab dalam pernikahan. Sehingga rasa cinta menjadi melelahkan.

3. Argumen kebencian
Ketika pernikahan tidak berjalan baik, yang akan keluar dari masing-masing individu adalah argumen kebencian. Semua yang terlihat dalam pernikahan hanyalah kemarahan.

4. Terkikis
Dalam pernikahan, dibutuhkan rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Namun terkadang, orang kehilangan rasa hormat itu setelah jangka waktu tertentu. Mreka melupakan rasa hormat dan pentingnya untuk memperlihatkan rasa hormat tersebut di hadapangan pasangan. Inilah yang membuat cinta semakin terkikis dan akhirnya hilang.

5. Masalah yang tidak pernah berakhir
Masalah yang tidak berakhir akan membuat semakin cinta menghilang dalam pernikahan. Masalah ini akan menumbuhkan rasa kebencian pada masing-masing individu. Perlu Anda ketahui bahwa sekali cinta mati, ia tidak akan tumbuh lagi.

Itu tadi lima hal yang bisa jadi penyebab atau alasan hilangnya cinta setelah menikah. Dengan memahami hal ini, diharapkan nantinya kita bisa lebih berhati-hati dalam mengambil langkah dan menjaga cinta.

Sumber: Liputan6.com







(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading