Sukses

Lifestyle

10 Daftar Seserahan yang Perlu Kamu Persiapkan Saat akan Menikah

Ladies, salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah adalah menyiapkan hantaran seserahan. Meskipun terkesan sepele, namun seserahan ini harus dipersiapkan sebaik mungkin. Seserahan bukan hanya ungkapan cinta, tapi juga memiliki makna tanggung jawab pria kepada pasangannya.

Meskipun seserahan dipersiapkan oleh calon pengantin pria, kamu juga perlu tahu loh. Tentu saja hal ini akan membantu si dia untuk mempersiapkan pernikahan. Cek yuk!

1. Alat sholat

Alat sholat (bagi pasangan muslim) merupakan simbol bahwa hubungan rumah tangga kedua suami istri harus selalu berpegang teguh pada agama. Seserahan berbentuk alat sholat juga dapat jadikan lambang pengingat calon mempelai pada sang pencipta.

2. Satu set cincin nikah

Sepasang cincin pernikahan menjadi simbol untuk saling melengkapi. Kehidupan rumah tangga itu seperti roda yang berputar, kadang manis, kadang pahit. Dari semua hal itu, tinggal bagaimana pasangan ini menyikapinya. Seperti sebuah roda, cincin sama bulatnya dan sama berputarnya. Maka lihatlah cincin pernikahanmu saat ada masalah, ingatlah bahwa kamu dan pasangan pernah merasa bahagia saat bersama.

3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian

Jumlahnya disesuikan dengan kemampuan pengantin pria. Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Yang dimaksud bersinar dan penuh harapan di sini adalah diharapkan pengantin wanita selalu bersinar di kehidupan barunya. Selain itu, pengantin wanita juga diharapkan tidak mengecewakan keluarga barunya.

4. Seperangkat busana putri

Busana putri yang dimaksud di sini adalah bahan kebaya dan kain jarik dari berbagai motif batik. Seperangkat busana ini memiliki makna bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.

Beberapa juga ada yang memberikan seperangkat baju kerja, baju pesta, baju tidur hingga pakaian dalam.

5. Buah-buahan

Buah-buahan, khususnya pisang, memiliki makna kasih sayang dan cinta. Seserahan ini bertujuan agar cinta di antara sepasang calon pengantin bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

6. Makanan tradisional

Makanan tradisional yang biasa diberikan untuk seserahan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makna makanan tradisional ini adalah agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

7. Suruh ayu

Meskipun bukan kebutuhan pasangan pengantin. Suruh ayu memiliki makna yang cukup baik. Satu set daun sirih yang mempunyai makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua pengantin dan kehidupan baru yang mereka tempuh.

8. Peralatan makeup

Peralatan makeup yang ada di dalam seserahan berarti pengantin pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.

9. Sepatu

Sepatu atau selop biasa disertakan dalam daftar barang seserahan. Maknanya adalah agar kedua mempelai siap menjalani satu kehidupan baru mereka. Selain itu, kedua mempelai diharapkan dapat selalu berada di jalan yang lurus dan menjaga hubungan pernikahan mereka selamanya.

10. Tas

Terakhir adalah tas. Makna filosofi pengantin perempuan diberikan tas oleh pengantin pria adalah bahwa calon mempelai pria mampu membiayai keperluan calon istrinya. Jika biasanya tas dimasukkan ke dalam hantaran sepatu, maka khusus seserahan tas ini diberikan secara mandiri atau berdiri sendiri menjadi hantaran khusus dengan maksud dan harapan tertentu.

Nah, ladies demikian 10 daftar seserahan yang perlu kamu persiapkan saat akan menyiapkan pernikahan. Untuk melangkah lebih lanjut ke hari spesialmu, tentunya kamu dan pasangan juga harus mempersiapkan cincin kawin yang akan disematkan di jarimu dan pasanganmu karena sering kali banyak orang tidak memperhatikan bahwa dalam setiap pernikahan selalu ada janji setia kepada pasangan yang diucapkan dan tersemat melalui pertukaran cincin kawin. Tentunya hal tersebutlah yang membuat sebuah seremoni pernikahan terasa sangat sakral.

Tanpa sadar cincin kawin mengambil peranan penting dalam momentum ini, oleh karena itu penting bagi setiap pasangan untuk memilih cincin nikah terbaik sebagai lambang atau simbol janji suci dalam pernikahan yang diharapkan berlangsung sekali seumur hidup. Secara spesial Frank & co. menghadirkan beragam koleksi wedding ring yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu dan pasanganmu. Mulai dari desain timeless, classic hingga modern, cincin nikah Frank & co. juga dapat dibuat sesuai ukuran dengan custom grafir dan warna serta finishing sesuai dengan keinginanmu sehingga terasa lebih personal dan berbeda dengan cincin kawin lainnya. Kamu bisa melihat berbagai macam pilihan model dan koleksi cincin kawin berlian yang cocok untukmu dan pasangan lewat website Frank & co. dan juga Instagram @franknco_id.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading