Sukses

Lifestyle

Menikah Bukan Cuma Sebatas Tujuan Tapi Sebuah Perjalanan

Hidup memang tentang pilihan. Setiap wanita pun berhak menentukan dan mengambil pilihannya sendiri dalam hidup. Seperti cerita sahabat Vemale yang disertakan dalam Lomba Menulis April 2018 My Life My Choice ini. Meski kadang membuat sebuah pilihan itu tak mudah, hidup justru bisa terasa lebih bermakna karenanya.

***

Kalau ditanya kenapa masih single sampai hari ini? Ini pertanyaan yang gampang-gampang susah untuk dijawab. Tidak ada yang mau memilih single dengan begitu lama, maunya sih di situ saat baru putus, enam bulan kemudian sudah bisa ketemu dengan pasangan yang benar-benar serius. Tapi kita tidaklah hidup di dunia dongeng. Aku memutuskan jadi single itu pada sekitar tahun 2007. Tapi baru bisa benar-benar move on itu di tahun 2010 (jangan ditiru ya). Hari ini pun aku masih merasa menyesal kenapa buang-buang waktu begitu lama buat melepaskan, melupakan yang namanya pacar dari SMA sampai semester 2 di kuliah di Bandung.

Dengan kondisi yang masih berlarut dalam masa lalu dengan sekian lama, one day salah satu mentorku berkata, “Jika kamu tidak memilih melepaskan/melupakan masalah lalumu, seseorang yang Tuhan sediakan buatmu akan tambah lama datang karena kamu tidak membuka hati buat orang baru.” Mendengar kalimat itu saya hanya diam dan dalam hati hanya bilang, “Kakak nggak tahu sih cinta pertama gimana rasanya."

Ilustrasi./Copyright pexels.com

Setelah seiring waktu berlalu aku merenung. Usia sudah tidak semuda dulu dan aku mencoba memilih membuka hati untuk pria dan pria ada yang datang dan pergi, ada yang sudah mulai dekat cukup lama eh saya ditinggal nikah, pengen nangis tapi this is my life dan harus tetap memilih untuk tetap menjalankan hidup ini.

Dan hari ini aku sudah berusia 29 tahun dan belum juga bertemu dengan pasangan hidup tetap yang sesuai kriteria yang diinginkan. Tidak gampang untuk single di tengah-tengah keluarga yang sudah panas menyuruh kita untuk segera menikah, saya korban dari orangtua yang suka menjodohkan anaknya dan belum ada yang berhasil satu pun sampai hari ini. Sementara itu saya menjadi orang yang tak pernah update berita tentang pasangan dan anak.

Ilustrasi./Copyright pexels.com

But today I want to say something. Buat yang masih single di usia 29 tahun yang mau menuju 30 tahun, tak perlu cemas. Menikah itu itu bukan tujuan hidup tetapi perjalanan. Kalau kita bisa memilih menikmati masa single kita dengan maksimal percayalah akan ada sosok pria yang sedang memperhatikanmu. Come to enjoy your life karena itu lah yang tak bisa diambil orang dari hidup kita, pilihlah untuk mempercantik diri dari segi ilmu diperbanyak, mulai bergabung dengan pertemanan yang sehat, bersyukur untuk setiap waktu yang berikan dan mulai ikut acara sosial yang di mana kita bisa melihat kita hidup yang kita punya sekarang orang lain butuh.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading