1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Jelang Pernikahan Banyak Ganjalan, Lanjut atau Batalkan?

Selasa, 03 April 2018 13:30 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Setiap pasangan sepertinya berharap hubungan percintaan mereka berlanjut ke jenjang berikutnya yakni pernikahan. Sayangnya dalam setiap hubungan pasti akan ada halangan atau rintangan. Tak ada hubungan yang berjalan mulus-mulus saja. Entah kecil maupun besar pasti akan ada rintangannya.

Pernikahan tak semuanya didasari oleh cinta. Ada yang memang menikah dengan pilihan hatinya, namun ada pula yang menuruti keinginan orangtuanya. Proses pengenalan lebih dalam dan belajar mencintai dapat dilakukan dengan mudah jika pasangan merasa cocok di masa penjajakan.

Saat ada ganjalan menjelang pernikahan lebih baik segera ungkapkan terus terang sebelum terbit penyesalan. Nah, jika seumpama orang yang dijodohkan denganmu nyatanya tak cocok denganmu, bagaimanakah mengungkapkannya pada orangtua?

Psikolog klinis, Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi, membenarkan bahwa tidak semua pasangan yang melalui lamaran akan berlanjut pada pernikahan.  Pingkan pun mengungkapkan cara untuk menyatakannya pada orangtua.

"Pertama, carilah waktu saat orangtua sedang bersantai. Kedua, mulailah dengan percakapan ringan. Ketiga, ungkapkan fakta mengenai tunangan dan keluarga besarnya," tutur Pingkan.

Beberkan saja semua yang ingin diceritakan pada orangtua. "Misalnya, Anda baru saja mengetahui kalau ternyata keluarga besar pasangan tidak menyukai wanita bekerja. Sedangkan Anda sudah berencana ingin terus bekerja saat menikah. Hal ini penting sekali untuk diungkapkan," urai Pingkan.

Setelah bercerita panjang lebar, tak ada salahnya untuk menyertai perasaan Anda jika kelak setelah menikah tak boleh bekerja.

"Kalau pasangan tidak bisa membela Anda di depan keluarga besarnya, tentu saja Anda merasa sedih dan kecewa. Oleh karena itu, Anda perlu bilang bahwa calon saat ini bukanlah calon pendamping hidup terbaik bagi masa depan saya," paparnya.

Setelah semua hal disampaikan, Pingkan memberi saran agar kamu mendengarkan respon dari orangtua. Ini bertujuan agar anak tahu sudut pandang orangtua.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Cara Nindy Ayunda Hadapi Haters