Sukses

Lifestyle

Studi: Sibuk Main HP Saat Berduaan Meningkatkan Konflik dalam Hubungan

Hidup di era digital seperti sekarang ini, rasanya sulit untuk memisahkan diri dari HP meski hanya sebentar saja. Mulai dari untuk chatting, mengecek media sosial, internetan, dan menikmati aneka hiburan. Semua kesibukan itu membuat kita tak bisa lepas dari HP. Tapi kalau sedang bersama pasangan atau berduaan, sebaiknya batasi penggunaan HP deh.

Soalnya kalau malah sibuk terus dengan HP sementara pasangan kita ada di dekat kita, konflik dan masalah baru bisa muncul dalam hubungan. Dilansir dari her.ie, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Baylor University yang melakukan dua survei berbeda dari 500 orang dewasa Amerika Serikat. Survei tersebut dilakukan untuk menganalisis efek penggunaan ponsel saat sedang berduaan. Para peneliti pun kemudian menemukan bahwa perasaan seperti pasanganmu yang merasa kamu lebih mementingkan HP daripada hubungan dan komunikasi (karena kamu sibuk sendiri main HP) bisa berdampak negatif pada hubungan.

Hampir separuh dari responden (46%) mengatakan bahwa mereka mereka HP telah merampas perasaan mereka. Sementara 23% lainnya mengatakan sibuk main HP itu menyebabkan pertengkaran hebat dalam hubungan.

Jangan sampai HP menyita semua perhatianmu./Copyright shutterstock.com

Seseorang yang merasa kalau pasangannya kecanduan main HP membuatnya jadi kehilangan kepuasan dalam hubungan. Jadi jangan kaget kalau kemudian pasangan bisa rentan putus jika quality time malah dihabiskan dengan sibuk main HP sendiri.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior menyebutkan bahwa pasangan yang rentan mengalami konflik dalam hubungannya sangat berisiko mengalami depresi. Wah, hal ini jelas sangat tidak baik untuk kesehatan mental ya ladies. Jangan sampai konflik dalam hubungan membuat kita jadi depresi dan tak bisa menikmati hidup dengan bahagia.

Untuk itu, kalau sedang berduaan atau menghabiskan waktu bersama pasangan, jauhkan HP untuk sementara waktu. Jangan sibuk main HP sendiri. Kalau memang ada hal yang sangat penting untuk dilakukan dengan HP, bicarakan dan komunikasikan dengan baik-baik dulu pada pasangan. Saat sedang berada dekat dengan pasangan, prioritas dan perhatian utama harusnya memang kita berikan padanya, bukankah begitu?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading