Sukses

Lifestyle

4 Reaksi Mengejutkan yang Terjadi di Otak Saat Kamu Sedang Jatuh Cinta

Ladies, apa yang biasanya kamu rasakan saat sedang jatuh cinta? Mungkin hati akan terasa berbunga-bunga. Emosi dan perasaan pun bisa diaduk-aduk nggak karuan.

Tapi tahukah kalau otak akan memberi reaksi tertentu saat kamu sedang jatuh cinta? Reaksi dan perubahan yang terjadi pada otak inilah yang sering membuat sikap kita jadi lain dari biasanya saat sedang jatuh cinta. Selengkapnya, yuk kita bahas di sini lebih detail lagi.

Meningkatnya Produksi Dopamin
Dilansir dari thehealthsite.com, otak akan memproduksi dopamin saat kamu sedang jatuh cinta. Efeknya kamu akan merasa jauh lebih bahagia dari sebelumnya. Bahkan bisa menimbulkan efek adiktif, seperti jadi kecanduan dan makin terobsesi dengan perasaan cinta.

Frontal Cortex Tidak Berfungsi dengan Baik
Saat sedang jatuh cinta, bagian frontal cortex di otak yang berfungsi untuk membuat keputusan menutup, menurut hasil pindaiĀ (scan) MRI. Karena fungsinya terganggu, maka tak heran bila orang yang sedang jatuh cinta sering bertingkah aneh dan sulit berpikir logis.

Jatuh cinta memang jadi pengalaman istimewa./Copyright pexels.com

Kadar Serotonin Menurun
Saat sedang jatuh cinta, seseorang tak hanya akan bahagia tapi juga bisa sedih. Hal ini pun ada penjelasannya sendiri. Saat kadar dopamin meningkat, kadar serotonin bisa menurun. Padahal fungsi serotonin ini sangat penting untuk menjaga suasana hati dan nafsu makan. Jadi kalau serotonin menurun, maka dampaknya bisa membuat tubuh jadi gelisah.

Meningkatnya Produksi Adrenalin
Saat kamu menghabiskan waktu dengan seseorang melalui pengalaman seru atau ekstrem, kemungkinan besar kalian berdua akan saling jatuh cinta. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar adrenalin yang dikeluarkan oleh tubuh. Biasanya dari sini akan muncul sisi dirimu yang berani melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jatuh cinta bahkan bisa membuat seseorang bisa nekat melakukan sesuatu.

Yap, jadi kalau tingkah seseorang jadi berubah atau malah makin aneh saat sedang jatuh cinta, penjelasan di atas bisa jadi penyebabnya. Atau mungkin kamu sendiri sedang merasakannya sekarang?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading