Sukses

Lifestyle

Studi Menarik: Pria Cerdas Nggak Bakal Selingkuh

Diselingkuhi pasangan bisa jadi pengalaman yang paling menyakitkan. Dikhianati seseorang yang kita cinta begitu dalam bahkan bisa menimbulkan trauma sendiri. Untuk itulah kita memang harus lebih hati-hati saat memilih seseorang untuk dijadikan pasangan.

Pastinya kita ingin memiliki pasangan yang setia. Pasangan yang nggak bakal selingkuh atau mendua. Tapi bagaimana cara kita bisa mengetahui seorang pria itu bakal setia?

Ada penelitian menarik nih terkait hal tersebut. Dikutip dari her.ie, sebuah penelitian baru dari Finlandia menemukan bahwa kecerdasan merupakan salah satu syarat penting untuk memiliki hubungan yang langgeng dan setia satu sama lain. Dengan kata lain, kalau tak ingin diselingkuhi, carilah pasangan yang cerdas.

Cari yang setia./Copyright geckoandfly.com

Para peneliti dari Hanken School of Economics meneliti dokumen wajib militer dari sekitar 200.000 pria Finlandia. Dari hasil penelitian itu ditemukan bahwa ada kaitan antara kecerdasan dan kehidupan pernikahan.

Dokumen tersebut juga memuat data dari uji kecerdasan yang diikuti oleh para pria tersebut saat bergabung ke militer. Saat diteliti lima tahun kemudian, penelitian menunjukkan bahwa di antara pria yang berusia di bawah 45 tahun, ditemukan bahwa makin tinggi tingkat kecerdasan mereka, makin setia dan bertahan mereka pada kehidupan pernikahan mereka. Hanya saja tidak disebutkan faktor-faktor lainnya yang mendukung data tersebut.

"Ibarat pengaruh ekor burung merak yang misterius pada tingkat keberhasilan kawinnya, kecerdasan manusia memiliki dampak positif langsung terhadap prospek perjodohannya dalam hal ini pernikahan," ungkap ketua peneliti Jaako Aspara.

Kalau bener cinta, seharusnya nggak mendua./Copyright quotes-lover.com

Bisa dibilang dari studi tersebut, bahwa makin cerdas seorang pria, makin kecil kemungkinannya untuk mendua. Kemungkinannya untuk selingkuh pun kecil. Para peneliti pun punya pandangan tersendiri soal hal ini. Mereka berpendapat bahwa pria cerdas kemungkinan besar bisa memberi kesejahteraan pada keluarga. Sehingga pernikahan yang dibangun bisa lebih mudah dipertahankan.

Susan Krauss Whitbourne, dikutip dari psychologytoday.com,memiliki pandangan sendiri soal pria cerdas dan pengaruhnya pada pernikahan. Ia menyebutkan kecerdasan membuat pernikahan langgeng karena pria cerdas memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Wah, penelitian ini memang sangat menarik. Dengan begini, kita bisa lebih mudah melakukan pertimbangan saat akan memilih pasangan yang tepat. Pastinya juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan beberapa aspek kepribadiannya yang lain, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading