Sukses

Lifestyle

Akan Menikah? Jangan Lupa untuk Mengenal Perjanjian Pra-Nikah, Penting!

Berniat akan menikah dalam waktu dekat? Menikah memang bukan perkara mudah. Tidak hanya masalah cinta saja, menikah butuh lebih dari itu. Jika kamu ingin menikah penting loh, membuat Prenuptial Agreement atau biasa disebut dengan perjanjian pra-nikah. Loh, mau menikah kok pakai perjanjian segala sih? Niat ingin berpisah ya? Sst, nyatanya perjanjian pra-nikah ini sebenarnya melindungi kamu dan pasangan.

Meskipun perjanjian pra-nikah ini belum lazim dilakukan di Indonesia, ternyata hal ini diatur dalam UU Pernikahan yakni pada Pasal 29 Ayat 1 UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang menyatakan "Pada waktu atau sebelum perkawinan dilangsungkan, kedua belah pihak atas persetujuan bersama dapat mengajukan perjanjian tertulis yang disahkan oleh pegawai Pencatat perkawinan setelah mana isinya berlaku juga terhadap pihak ketiga tersangkut". Penjelasan di atas membuktikan bahwa perjanjian pra-nikah yang melindungi antar pasangan suami dan istri.

Apa Itu Perjanjian Pra-Nikah?

Mengenal perjanjian pra-nikah/copyright pexels.com

Perjanjian pranikah atau prenuptial agreement adalah perjanjian yang dibuat sebelum pernikahan dilangsungkan dan mengikat kedua belah pihak calon pengantin yang akan menikah. Perjanjian ini mengatur tentang harta dan utang suami-istri. Dengan penjelasan bahwa harta dan utang suami istri sebelum menikah adalah milik masing-masing. Sedangkan harta dan utang suami-istri setelah menikah adalah milik bersama kecuali ada perjanjian sebelumnya.

Jadi fungsinya mengatur tentang kepemilikan dan tanggung jawab kepada hutang dan kekayaan kamu dan pasangan setelah menikah. Hal ini bermanfaat untuk melindungi kamu dan pasangan secara hukum jika terjadi hal-hal tidak diinginkan di masa datang.

Perjanjian Pra-Nikah Bukti Cinta

Perlu atau tidaknya perjanjian pra-nikah harus dibuat kesadaran. perjanjian pra-nikah membantu kamu dan pasangan untuk lebih terbuka tentang jumlah harta dan hutang kamu. Sebelum kamu benar-benar siap mental dalam menghadapi rumah tangga dengan segala problematikanya maka membuat perjanjian ini justru akan membantumu dan pasangan di masa depan.

Mengenai apa saja isi perjanjian pra-nikah ini tergantung pada setiap pasangan yang membutuhkan perlindungan hukum masing-masing pihak. Maka tidak ada paksaan untuk membuat perjanjian ini.

Dalam banyak kasus yang terjadi perjanjian pra-nikah ini justru melindungi pasangan dan anak-anak. Sst, jika kamu dan pasangan memang benar saling sayang dan tulus justru seharusnya berani untuk membuat perjanjian ini. Tidak perlu terbawa perasaan dan tersinggung. Well, hal ini juga penting untuk masa depan kalian kelak.

Jadi, sudah siap membuat perjanjian pra-nikah? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading