Sukses

Lifestyle

Bukti Penelitian, Cinta Pandangan Pertama Sebenarnya Tak Pernah Ada!

Saat masa remaja atau muda dulu, kamu pasti sering mendengar istilah 'cinta pada pandangan pertama' kan? Istilah ini muncul jika kamu tiba-tiba jatuh hati pada sosok cowok yang kamu anggap menarik, meski kamu tak mengenalnya sama sekali dan baru pertama bertemu. Dan anehnya, sejak saat itulah kamu jadi kepikiran dia terus. Lalu banyak orang menyebut hal ini sebagai cinta pada pandangan pertama.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata beberapa ahli menganggap cinta pandangan pertama ini adalah hoax, tidak benar dan tidak ada. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships mengungkapkan bahwa cinta pada pandangan pertama sebenarnya tak ada.

Peneliti menemukan, passion yang dirasakan saat bertemu dengan seseorang yang kita sukai mungkin berlangsung dengan cepat, tapi ketika hubungan sudah terjalin, kita cenderung menjadikan memori saat bertemu pertama kali sebagai hal yang sangat spesial.

Penelitian yang dilakukan peneliti asal University of Groningen ini mengatakan bahwa ada tiga alasan mengapa banyak orang percaya mereka mengalami cinta pada pandangan pertama, yaitu ketertarikan hati, ketertarikan fisik dan ilusi bersama. Sedangkan peneliti mencoba mengukur perasaan 396 partisipan, yang 62% adalah wanita dengan usia rata-rata 24 tahun.

Cinta pada pandangan pertama itu tidak ada/copyright Pexels.com
Mereka diminta melihat foto wajah beberapa pria sesuai kriteria mereka dan bertanya apakah mereka merasakan cinta pada pandangan pertama pada salah satu foto tersebut. Para wanita ini juga melakukan kencan buta yang hanya berlangsung selama 90 menit. Dan apakah ada percikan cinta setelahnya?

Ternyata tidak. Kebanyakan partisipan tidak merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama, dan 30% partisipan mengaku bahwa rasa suka muncul di awal karena tampilan fisiknya. Peneliti juga menekankan bahwa alasan utama timbulnya rasa suka yang disalahpahami sebagai cinta pandangan pertama adalah ketertarikan fisik tersebut.

Jadi, sebenarnya selama ini tidak ada yang benar-benar pernah mengalami cinta pada pandangan pertama. Semua itu hanya karena kita suka karena di wajahnya yang tampan atau ganteng saja.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading