Sukses

Lifestyle

4 Alasan Jangan Selalu Melibatkan Keluarga Saat Bertengkar dengan Pasangan

Saat bertengkar dengan pasangan atau suami, seringkali kita akan sulit untuk mengontrol emosi. Saking emosinya, kadang kita langsung melibatkan keluarga atau menyebut-nyebut nama keluarga saat bertengkar. Hal ini kadang terjadi di luar kendali, tapi sebaiknya kita lebih berhati-hati.

Terlalu gegabah melibatkan keluarga dalam pertengkaran dengan pasangan bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif. Saat sudah menikah sekalipun, tetaplah penting memberi batasan soal hal ini. Ada sejumlah alasan kenapa sebaiknya kita tak terburu-buru melibatkan keluarga ketika bertengkar dengan pasangan.

Sebuah Konflik Bisa Jadi Kesempatan untuk Saling Mendewasakan Diri
Adakalanya sebuah konflik bisa menjadi kesempatan atau peluang untuk saling mendewasakan diri. Saat kita dan pasangan dihadapkan pada sebuah masalah, kita bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk belajar dewasa. Saat bertengkar dengan pasangan, secara tidak langsung kita sedang berproses untuk memecahkan masalah tersebut. Kalau masalah sudah terselesaikan dengan baik, kita dan pasangan akan lebih dewasa pastinya.

Mengatasi konflik dengan kepala dingin./Copyright searchquotes.com

Menghindari Kemungkinan Keluarga Mengadu Domba
Bukan maksudnya berpikiran negatif. Hanya saja kita tetap perlu hati-hati. Jangan sampai masalah yang kita miliki dengan pasangan malah nantinya dijadikan bahan oleh kerabat (yang mungkin membenci kita) untuk mengadu domba. Kalau hal itu sampai kejadian beneran, keharmonisan hubungan pastinya akan terganggu.

Keluarga Jangan Makin Dibebani dengan Masalah Baru
Setiap rumah tangga memiliki masalahnya masing-masing. Kalau sudah berkeluarga, ada baiknya setiap masalah baru diselesaikan dengan cara kita sendiri terlebih dahulu. Jangan terburu-buru melibatkan keluarga karena mereka sendiri pasti punya masalahnya sendiri. Kalau setiap kali ada masalah langsung melibatkan keluarga, takutnya nanti kita malah membuat keluarga makin terbebani.

Konflik memang kadang tak bisa dihindari./Copyright enkiquotes.com

Menghindari Sikap Saling Menyalahkan
Kalau sudah emosi, kadang yang terjadi adalah saling menyalahkan. Kalau keluarga langsung dilibatkan, takutnya nanti bukan solusi yang didapatkan, tapi malah makin saling menyalahkan. Akhirnya keadaan makin runyam, kan? So, penting untuk meluangkan waktu sebentar terlebih dahulu untuk bisa tenang satu sama lain sebelum gegabah melibatkan pihak lain ketika bertengkar.

Cuma memang kita perlu mengenali setiap jenis masalah yang ada. Jika sekiranya sebuah masalah masih bisa diselesaikan bersama pasangan, maka coba lakukan itu dulu. Tapi kalau masalahnya sudah dalam tahap yang parah dan butuh mediasi segera, segera cari bantuan yang sesuai.






(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading