Sukses

Lifestyle

4 Alasan Logis Kenapa Suami Istri Wajahnya Makin Lama Bisa Makin Mirip

Sering kita menjumpai pasangan suami istri yang wajahnya bisa makin mirip satu sama lain dari tahun ke tahun. Apalagi kalau mereka berfoto bersama, aura dan raut wajah yang terpancar terasa sangat mirip. Hm, kira-kira kenapa ya bisa begitu?

Ternyata memang ada alasan logis dan ilmiah yang membuat suami istri bisa makin mirip satu sama lain. Bahkan ada beberapa penelitian yang juga menguatkan alasan di balik makin miripnya suami istri seiring berjalannya waktu. Untuk selengkapnya, yuk kita ikuti infonya di bawah ini.

Makin Bahagia Pasangan, Makin Mirip Wajahnya
Dikutip dari brightside.me, Robert Zanjonc seorang psikolog sosial Amerika membandingkan foto pasangan di hari pernikahannya dengan foto mereka 25 tahun kemudian. Penelitiannya membuktikan bahwa meski awalnya suami istri tak mirip satu sama lain, tapi sekitar 25 tahun kemudian mereka terlihat sangat mirip. Hasil survei itu juga menunjukkan bahwa makin bahagia pasangan, makin mirip wajah mereka.

Pernikahan bahagia./Copyright unveiledwife.com

Sering Melakukan Banyak Hal Bersama
Seiring berjalannya waktu hidup bersama, banyak pengalaman yang mereka lakukan bersama. Mulai dari pengalaman sedih, bahagia, dan berbagai macam suka dan duka. Semua pengalaman itu kemudian mempengaruhi bahasa tubuh dan kondisi emosi mereka. Bahkan keriput wajah suami istri bisa makin mirip karena sejarah kehidupan yang sama "tertulis" di wajah mereka.

Memiliki Kekebalan Tubuh yang Sama
Sistem kekebalan mempengaruhi gaya hidup kita, termasuk kebiasaan makan dan olahraga. Sekelompok ilmuwan menyimpulkan bahwa pasangan yang telah menikah bertahun-tahun memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat mirip. Hal itu kemudian bisa mempengaruhi kebiasaan dan gaya hidup mereka secara keseluruhan.

Temukan pasangan yang tepat./Copyright wishafriend.com

Efek Mirroring
Pasangan yang memiliki kedekatan dan ketertarikan yang sama sering mengikuti kebiasaan dan bahasa tubuh satu sama lain. Hal ini disebut dengan mirroring yang menunjukkan kenyamanan emosional dan rasa saling percaya dalam hubungan. Para ilmuwan menyebutkan bahwa pasangan cenderung mengubah kebiasaan mereka di sepanjang kehidupan pernikahan mereka. Misalnya, ketika salah satu pasangan berusaha berhenti merokok dan mulai menjaga pola makan sehat, pasangan satunya biasanya akan mengikutinya.

Itu tadi sejumlah alasan kenapa suami istri bisa memiliki wajah yang makin mirip satu sama lain. Apakah kamu mungkin memiliki pengalaman yang hampir sama dengan situasi-situasi yang disebutkan di atas?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading