Sukses

Lifestyle

Sering Tak Disadari, 5 Faktor Inilah yang Bisa Memprediksi Perceraian

Perceraian memang bukan hal yang menyenangkan dihadapi. Orang mungkin bertanya-tanya apa yang jadi penyebabnya. Ada banyak pemicu perceraian, dan meski sepertinya tampak banyak, tapi sebenarnya faktor pemicunya hanya ada lima, menurut psikolog.

Penelitian yang dilakukan profesor Justin Lehmiller yang terbit dalam blog Sex & Psychology mengungkapkan bahwa ada lima faktor pemicu perceraian.

1. Usia
Pasangan yang menikah dengan usia tua, cenderung punya pernikahan yang lebih langgeng dibanding mereka yang menikah muda. Hal ini dibuktikan beberapa penelitian tentang pernikahan. Dan semakin muda usia saat menikah, semakin besar risiko perceraian. Usia yang masih belum matang menjadi penyebabnya.

2. Pendidikan dan agama
Menurut data penelitian Centers for Disease Control and Prevention, tingkat pendidikan dan agama juga menjadi faktor kuat pemicu perceraian. Wanita dengan pendidikan sarjana punya 78% potensi mempertahankan pernikahan langgeng hingga 20 tahun, dibandingkan mereka yang hanya lulusan SMA yang hanya punya potensi 41% mempertahankan pernikahan. Orang yang beragama juga cenderung bisa mempertahankan pernikahannya.

3. Karakter seseorang
Kestabilan emosional dan karakter alami seseorang juga sangat mungkin memicu perceraian. Sifat egois, keras kepala, manja, kedewasaan dan lainnya sudah jelas bisa mempengaruhi bertahannya sebuah pernikahan. Perasaan yang terlalu sensitif, mudah tersinggung atau stres juga bisa memicu pertengkaran yang mempersulit pernikahan.

5 faktor pemicu perceraian/copyright Shutterstock.com

4. Tidak setia
Ketidaksetiaan pasangan jadi salah satu pemicu utama. Pria yang mudah tergoda dengan wanita lain atau wanita yang tak puas dengan suaminya. Semua itu mengarah kepada kurangnya kebahagiaan dalam pernikahan. Entah apa pun alasannya untuk selingkuh, hal ini jadi alasan banyak orang bercerai.

5. Penghinaan
Sering mendengar seorang istri menjelek-jelekkan suami atau sebaliknya? Kebiasaan merendahkan, menghina dan kurang menghargai pasangan juga bisa menyakiti hati pasangan dan memicu pertengkaran yang berujung perceraian. Peneliti hubungan asmara, John Gottman, telah melakukan penelitian selama 40 tahun dan menemukan alasan ini sebagai salah satu pemicunya.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa sebenarnya apa yang menjadi pemicu banyaknya perceraian di sekitarmu? Jika kamu dan suami bisa menangkis 5 faktor di atas, dijamin pernikahanmu bakal langgeng.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading