KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Studi Membuktikan, Marah & Bertengkar Justru Perkuat Ikatan Pernikahan

Jum'at, 10 November 2017 19:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Bertengkar justru menguatkan pernikahan/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Banyak orang mungkin mengira, pasangan suami istri tak seharusnya bertengkar, mereka seharusnya hidup rukun damai dan harmonis. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada manfaat tersembunyi di balik setiap pertengkaran suami istri.

Penelitian yang dilakukan peneliti Florida State University menemukan bahwa ternyata mengekspresikan kemarahan saat bertengkar kemungkinan besar bisa menyelesaikan masalah lebih cepat dibandingkan hanya memendam perasaan.

Pasangan yang secara jujur mengeluarkan emosi yang mereka rasakan satu sama lain saat ada perselisihan, sebenarnya sedang belajar memahami pemikiran dan mengenal satu sama lain.

Jane Greer, Ph.D., ahli pernikahan sekaligus penulis buku What About Me? Stop Selfishness from Ruining Your Relationship mengungkapkan dalam Women's Health Mag, "Jika kamu belajar berdebat dengan sehat sejak dini, kamu akan belajar banyak mengenai sudut pandang masing-masing."

Justru ketika pasangan memilih untuk memaafkan dan melupakan masalah tanpa meluruskan dan menyelesaikan masalah tersebut, mereka lebih rentan mengalami perceraian di kemudian hari karena pertengkaran yang sama terulang kembali.

Tak ada pasangan yang sempurna di dunia dan lagipula, tidak ada pernikahan yang benar-benar tanpa pertengkaran. Tapi bertengkar punya sisi positif, karena ternyata tidak semua pertengkaran itu buruk ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA