KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Dear Calon Pengantin, Pastikan 5 Topik Ini Sudah Dibahas Sebelum Menikah

Senin, 04 September 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Sebelum menikah./Copyright pixabay.com

Vemale.com - Mempersiapkan sebuah pernikahan jelas butuh curahan energi dan waktu yang tidak sedikit. Biasanya calon pengantin akan disibukkan dengan berbagai hal yang bersifat persiapan materi, seperti soal gedung untuk tempat resepsi pernikahan, souvenir, catering, dan lain sebagainya. Cuma seringkali melewatkan satu hal, yaitu mendiskusikan sejumlah topik penting dengan pasangan.

Ada sejumlah topik penting yang perlu didiskusikan bersama pasangan sebelum menikah. Apa tujuannya? Selain agar komunikasi bisa lebih lancar, diharapkan nantinya pernikahan yang dibangun bisa lebih bahagia dan penuh cinta. Para calon pengantin, pastikan kalian meluangkan waktu khusus untuk mendiskusikan hal-hal berikut ini, ya.

Impian Masa Depan dalam Pernikahan

Saatnya untuk berbagi rencana soal target atau impian yang ingin dicapai di masa depan dalam pernikahan. Biar sama-sama tahu soal tujuan yang hendak dicapai ke depannya. Sekalian agar bisa saling menyamakan langkah ke depannya dan diharapkan juga bisa saling memberi dukungan untuk kebaikan bersama.

Berbagi impian./Copyright pixabay.com

Perbedaan-perbedaan yang Dimiliki

Kamu dan pasangan jelas dua individu yang berbeda. Pastinya ada sejumlah perbedaan di antara kalian berdua. Kadang karena sebuah perbedaan, konflik atau masalah bisa gampang sekali muncul. Sebelum nantinya terlambat, ada baiknya untuk mendiskusikan dan membicarakan soal isu ini agar nantinya bisa lebih terbuka dalam mencari solusi ketika sebuah masalah muncul karena perbedaan.

Perkara Ruang Sendiri

Saat menekuni sebuah hobi atau mendalami suatu minat, biasanya kita butuh waktu utnuk benar-benar fokus melakukannya. Kadang sampai harus "tega" mengabaikan pasangan untuk sementara waktu. Nah, hal ini perlu dikomunikasikan dari awal biar nggak ada yang namanya salah paham. Serta bisa saling pengertian untuk memberi ruang sendiri atau me-time saat diperlukan. Jadi biar nggak gampang berprasangka buruk atau tersinggung.

Pentingnya komunikasi sebelum menikah./Copyright pixabay.com

Karier atau Pekerjaan

Nantinya siapa yang akan bekerja? Suami saja, atau istri juga akan bekerja? Soal karier dan urusan pekerjaan ini juga perlu didiskusikan sejak sebelum menikah. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan pembagian waktu, prioritas, dan juga soal finansial. Juga berkaitan dengan kendala-kendala yang mungkin akan ditemui saat bekerja.

Karakter dan Tradisi Keluarga Masing-masing

Menikah bukan cuma menyatukan dua insan saja. Lebih dari itu, menikah juga menyatukan dua keluarga. Jadi, penting sekali untuk membicarakan soal karakter dan tradisi yang dimiliki keluarga masing-masing. Misalnya, saat lebaran nanti bakal mudik ke mana terlebih dahulu. Atau ada agenda-agenda khusus yang berkaitan dengan acara kumpul keluarga, dan sebagainya.

Ada banyak hal yang perlu didiskusikan sebelum menikah. Intinya bicarakan berbagai hal yang sekiranya masih mengganjal sebelum memasuki gerbang pernikahan. Kalau komunikasi sudah dibangun dengan terbuka dan baik dari awal, nantinya ketika menikah akan lebih mudah menjaga komunikasi tetap efektif.

Kalau menurut ladies sendiri bagaimana? Kira-kira topik apa yang paling penting untuk dibicarakan bersama pasangan sebelum menikah?

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA