Sukses

Lifestyle

Nyatanya, Ini 7 Alasan Banyak Orang Tetap Berteman dengan Mantan

Ada orang yang memilih untuk tidak berhubungan atau kontak lagi dengan mantan, ada juga yang memutuskan berteman dan menjaga hubungan baik dengan mantan. Kira-kira kamu termasuk kelompok yang mana?

Tak mudah memang membiasakan diri memulai pertemanan lagi dengan seseorang yang pernah punya masa lalu asmara denganmu. Namun hasil penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan alasan ilmiah mengapa beberapa orang memutuskan berteman dengan mantan.

Psikolog asal Oakland University meminta peserta memberi peringkat pada lebih dari 150 penjelasan potensial, mengapa mereka memutuskan menjalin pertemanan dengan mantan. Dan berdasarkan rating, ada tujuh kategori alasan utama yang mendasarinya.
Alasan-alasan itu adalah,

    Masih punya harapan untuk balikan

    Alasan seperti "aku masih punya rasa padanya" atau "aku masih sering cemburu jika ia bersama orang lain", jadi alasan banyak orang. Ternyata beberapa orang masih ingin memulai kembali cinta yang pernah hancur itu.

    Friend in benefit

    Sederhana, karena mantan kemungkinan masih bisa dimanfaatkan. Saat bersamanya dulu, karena dia punya banyak koneksi, kamu pun jadi lebih mudah bersosialisasi dan masuk ke berbagai kalangan. Dia punya banyak uang, punya jabatan atau yang lainnya.

    Menghindari awkward momen saat ketemu

    Ada juga orang yang punya pikiran simpel, mereka hanya ingin menjaga hubungan sosial tetap baik. Mereka nggak mau terkesan canggung saat bertemu. Orang seperti menganggap yang lalu biarlah berlalu dan tak perlu ada rasa luka lagi yang perlu diperlihatkan dan diungkit.

    Teman kencan dadakan

    Ada juga yang berpikir bahwa mantan terkadang bisa jadi kencan kilat, orang yang bisa diajak melakukan hubungan tanpa komitmen yang singkat dan hanya berdasar atas suka sama suka.

    Karena anak atau adanya harta bersama

    Mungkin berteman dengan alasan ini agak sedikit memaksa. Mau tak mau kalian harus berteman, karena untuk kebaikan anak, atau karena kalian masih ada urusan yang harus diselesaikan, seperti misalnya harta gono gini, atau punya harta yang statusnya milik bersama.

    Sudah nggak ada lagi rasa cinta

    Karena perasaan itu sudah benar-benar lenyap, kalian enjoy saja menjadi teman. Bahkan jika ia mengenalkan pacar atau istri barunya, kamu merasa fine-fine saja, justru ikut bahagia.

    Alasan sentimentil

    Karena dia teman curhat yang enak, pendengar yang baik, dia pendukung terbesar saat kamu ingin meraih mimpi dan lainnya.

Itu dia sekian alasan yang menjadi kategori utama mengapa banyak orang pada akhirnya memutuskan tetap berteman dengan mantan. Kamu sendiri, apa alasanmu masih berteman dengannya?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading