KAPANLAGI NETWORK
MORE

Agar Pertengkaran Tak Berujung Saling Menyakiti, Ini Tipsnya

Senin, 22 Mei 2017 11:10 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: copyright Dephotology (@kukuhphoto)

Vemale.com - Sebuah hubungan pasti akan dihampiri berbagai macam masalah. Konflik bisa saja muncul dan datang silih berganti. Terkadang bertengkar dengan pasangan pun tak bisa dihindari.

Hal yang lumrah pasangan bisa bertengkar karena satu dan lain hal. Tapi jangan sampai malah berujung saling menyakiti atau melukai. Penting untuk bisa membangun rasa saling percaya dan menjaga komunikasi tanpa saling mementingkan diri sendiri.

Buat Komitmen dari Awal untuk Bisa Saling Kompromi

Kamu dan pasangan jelas dua orang yang berbeda. Sikap dan watak kalian berdua pun tidak sama. Di sini kita tak bisa selalu mementingkan diri sendiri atau merasa yang paling hebat. Saatnya untuk bisa saling kompromi. Tak ada pribadi yang benar-benar sempurna tapi selalu ada cara untuk menerima seseorang dengan seutuhnya.

Foto: copyright trans4mind.com

Jangan Berargumen Saat Masih Marah

Penting untuk membuat emosi tenang dan stabil lebih dahulu sebelum berargumen atau menjelaskan suatu hal ke pasangan. Karena kalau berargumen saat masih marah, maka hal yang tadinya sepele bisa makin parah nggak karuan. Obrolan jadi nggak jelas dan akan makin mudah tersulut emosi nantinya.

Hindari Mengungkit-Ungkit Masalah yang Lalu

Terkadang saat bertengkar dengan pasangan, ada hal-hal atau kesalahan masa lalu yang ikut diungkit-ungkit. Keadaan bisa makin runyam bila hal-hal yang terjadi di masa lalu disebut-sebut lagi saat bertengkar. Yang terjadi nantinya malah memunculkan rasa tidak nyaman hingga saling benci.

Foto: copyright enkivillage.org

Jangan Menggunakan Kelemahannya untuk Menjatuhkannya

Karena ego dan emosi, kadang kita ingin menjadi orang yang paling benar. Tak mau disalahkan apalagi dianggap jadi pihak yang paling bersalah. Sehingga kadang kita malah menggunakan kelemahannya untuk menjatuhkannya. Kalau hal ini sampai dilakukan, yang terjadi malah perasaan sakit hati dan dibenci.

Saling Mendengarkan Penjelasan Satu Sama Lain

Kita sering menuntut untuk minta didengar. Tapi kita jarang mau jadi pendengar. Padahal mendengarkan ini merupakan keahlian yang sangat penting yang harus dimiliki setiap pasangan. Sehingga bisa lebih berpikir jernih dalam mengatasi sebuah permasalahan dan menghindari prasangka negatif.

Pertengkaran bisa jadi hal yang wajar dan jadi cara untuk mengurai masalah kemudian diselesaikan dengan baik. Tapi akan berujung luka bila malah akhirnya saling menyakiti karena komunikasi yang salah. Kalau kamu sendiri, punya tips lain untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan setelah bertengkar?

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Putihkan Hati Sambut Hari Nan Fitri Bersama Martha Tilaar Group
PRODUK REKOMENDASI