Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Perceraian Ini Sering Diabaikan & Tak Pernah Dikatakan

Tidak ada pasangan suami istri yang punya keinginan cerai setelah menikah. Sebisa mungkin pernikahan bisa bertahan dan langgeng hingga ajal memisahkan. Tapi apa yang bisa kamu lakukan jika pada akhirnya justru keputusan inilah yang harus dibuat?

Menurut penelitian tentang perceraian di University of Maryland, kamu selalu punya kemungkinan 50:50 hidup bersama hingga tua dengan pasanganmu. Tentu ini tidak mengejutkan, semua orang juga pasti tahu hal itu. Namun alasan untuk bercerai lah yang seringkali mengejutkan.

Jessica Elizabeth Opert, ahli pernikahan, mengatakan bahwa perceraian bisa dipicu masalah-masalah kecil dan sehari-hari yang menyebabkan hilangnya interaksi keduanya.

    Kurangnya eye contact

    Jessica menjelaskan, ketika seseorang ditanya bagaimana ia bisa tahu bahwa pasangan mencintainya, mereka akan menjawab dari cara dia melihat." Kontak mata dengan pasangan menjadi salah satu barometer mengetahui seberapa dekat dan dalam perasaan satu sama lain. Ngobrol tanpa saling menatap wajah masing-masing bisa mengurangi ikatan cinta.

    Ketagihan social media

    Terlalu sering berhubungan dengan media sosial bisa menjauhkanmu dengan pasangan. Kamu jadi kurang interaksi dan komunikasi langsung dengan pasangan karena sibuk dengan dunia maya. Bukan hanya menyita waktu satu sama lain, sosmed juga membuatmu semakin mengabaikan kebutuhannya.

    Terlalu sayang

    Aneh bukan? Mengapa terlalu sayang dan sering bersama berdua justru bisa memisahkanmu? Saat kamu sudah terlalu bergantung padanya hingga kehilangan sisi individualitasmu, kamu akan merasa sangat bosan dan lelah. Terlalu sayang juga bisa diartikan sebagai sikap posesif. Kamu terlalu 'menempel' padanya, atau sebaliknya  ia yang selalu ingin tahu segala hal tentangmu. Lama-lama kamu akan lelah dengan sikap mengikat seperti ini.

Itu dia tiga penyebab perceraian yang seringkali tidak disadari dan bahkan jarang dikatakan. Banyak orang mengira bahwa perceraian hanya bisa dipicu masalah-masalah besar seperti selingkuh, keuangan (kemiskinan), long distance relationship, dan tidak ada lagi rasa percaya.

Sebisa mungkin hindari tiga hal di atas ya, meski tampak sepele namun bisa menghancurkan hubungan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading