Sukses

Lifestyle

4 Cara Elegan Membalas Pujian Biar Nggak Ada yang Salting

Saat kita menerima pujian, hati bisa langsung melambung tinggi. Bawaannya ingin langsung senyum-senyum sendiri dan terbang ke langit ketujuh. Tapi tahu nggak kalau menanggapi sebuah pujian itu juga ada caranya?

Salah menanggapi sebuah pujian, bisa bikin salting (salah tingkah). Entah itu kita yang salah ucap sampai membuat suasana jadi canggung. Atau cara kita membalas pujiannya yang malah membuatnya tersinggung. Nah, biar nggak salting atau canggung, coba deh tanggapi sebuah pujian dengan cara yang lebih elegan. Seperti cara-cara yang berikut ini.

    Berterima Kasih Secukupnya

    Seringkali cara terbaik menanggapi sebuah pujian adalah dengan berterima kasih. Yups, cukup dengan mengucapkan, "Terima kasih," kamu sudah bisa menunjukkan apresiasimu sendiri. Sangat singkat memang tapi itu sudah bisa sangat cukup.

    Utarakan Perasaan dan Pengalamanmu

    Kalau setelah mengucap terima kasih, masih terasa canggung. Kamu bisa coba menceritakan pengalaman atau perasaanmu. Agar obrolan bisa berjalan lebih lancar dan lebih nyaman. Setelah itu, bisa coba minta ia untuk memberi kesan atau menceritakan pendapat serta pengalamannya. Sehingga kamu nggak mendominasi percakapan.

    Tunjukkan Raut Wajah Sumringah

    Bahasa tubuh juga sangat memainkan peranan penting di sini. Ketika ada seseorang memujimu, cobalah untuk menampilkan wajah yang sumringah. Jaga kontak mata dengan orang yang memujimu. Sebisa mungkin hindari bahasa tubuh yang membuat dirimu terlihat menutup diri, seperti menyilangkan tangan di depan dada. Hargai orang yang memberikan pujian dengan menyambutnya secara positif.

    Sebutkan Keterlibatan Orang Lain yang Berjasa

    "Terima kasih, ini juga berkat bantuanmu."

    "Wah, terima kasih sekali. Semua juga berkat bantuan teman-teman yang lain."

    Biar nggak tinggi hati atau lupa diri, ingatlah bahwa apa yang kamu peroleh saat ini juga berkat bantuan orang-orang di sekitarmu. Sebutkan jasa orang lain atas apa yang berhasil kamu capai atau miliki saat ini.

Kalau kamu sendiri, apa punya cara khusus saat menanggapi atau menerima sebuah pujian? Meski hal ini mungkin tampak sepele tapi cara berkomunikasi dan menanggapi pastinya akan menampakkan kesan atau gambaran tertentu dari diri kita.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading