1. VEMALE
  2. /
  3. LOVE

Ungkapkan Kasih Sayangmu Setiap Hari, Ini Manfaatnya!

Jum'at, 03 Februari 2017 10:10 Penulis: Reporter: Anisha Saktian Putri
Ilustrasi. | Foto: copyright pexels.com

Vemale.com - Seberapa sering kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang terdekat kita? Apakah hanya pada momen-momen tertentu saja? Atau malah sudah lama kita tak mengungkapkan cinta dan kasih sayang pada orang tercinta?

Ladies, tahukah kalau ternyata mengekspresikan atau mengungkapkan kasih sayang juga harus dilatih setiap hari. Seperti yang dijelaskan Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo, M. Psi ini. Menurutnya, kasih sayang yang diungkapkan setiap hari, bisa memiliki manfaat luar biasa bagi diri seseorang, tak hanya pada pasangan tapi juga anak, keluarga hingga sahabat.

"Kasih sayang itu seperti tangki air, yang harus diisi setiap saat, setiap hari. Jika selalu penuh, ini bisa memberikan semangat untuk diri seseorang saat berkegiatan," paparnya di Jakarta, belum lama ini.

Misalnya, seorang suami yang ingin bekerja, bisa semakin semangat dalam mencari nafkah untuk keluarganya setelah mendapatkan ungkapan kasih sayang sayang dari keluarganya. Mereka mencari uang, lanjut Bina juga semata-mata untuk keluarga karena dirinya mencintai keluarganya.

Tak hanya itu, bagi anak-anak, kasih sayang ibarat sebuah nutrisi yang harus dicukupi, layaknya gizi dan vitamin. Ketika gizi, vitamin dan kasih sayang sudah terpenuhi, inteligensi seorang anak lantas akan meningkat.

"Mereka cerdas dari makanan yang bergizi dan bervitamin. Sementara, kasih sayang menimbulkan rasa yang tenang dan nyaman. Saat punya perasaan itu, mereka akan belajar dengan senang, suasana hatinya baik dan pasti akan menambah kecerdasan," ujar dia.

Ketika ungkapan kasih sayang secara konsisten diberikan hingga ia tumbuh besar, anak tersebut akan memiliki pribadi yang baik, verbal yang bagus, minim kekerasan, serta intelegensi tinggi.

"Bagi mereka yang minim kasih sayang, ini akan berefek sebaliknya. Mereka akan senang membully ataupun dibully, dekat dengan kekerasan dan sulit menyerap ilmu. Itulah sebabnya kasih sayang termasuk kebutuhan primer yang paling mendasar," tutup dia.

Jadi, sudahkah kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang tercinta kita hari ini?

(vem/asp/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?