Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Marah dan Emosi Saat Puasa, Ini Tipsnya

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus juga, tapi juga menahan marah dan emosi. Saat puasa, emosi semakin meningkat karena faktor lapar dan haus. Hal ini seperti yang dijelaskan dr. Setiyo kepada vemale, pada artikel ini.

Ladies, di artikel ini akan dijelaskan bagaimana mengatasi marah dan emosi karena lapar saat puasa. Yuk, simak penjelasan dari dr. Setiyo berikut.

1. Perbanyaklah dzikir.

Firman Allah SWT, “(orang-orang yang taubat yaitu) mereka yang beriman, hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah (dzikrullah). Ingatlah, dengan dzikrullah, hati menjadi tenang (QS Ar-Ra’du, [13] : 28),”  rasanya sulit dibantah kebenarannya.

Seorang psikolog yang pernah melakukan serangkaian wawancara mendalam mengenai motivasi, penghayatan dan manfaat melakukan dzikrullah pada sekelompok pengamal dzikrullah mendapati, munculnya perasaan tenang dan benar-benar merasakan sebuah kehidupan yang lebih tenteram dan bermakna setelah para respondennya melazimkan diri mengamalkan dzikrullah.

2. Berwudhu, mandi dan sholat

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan orang agar berwudhu guna meredakan amarah. Sabdanya, “Bila kamu marah hendaklah kamu berwudhu.” (HR. Ahmad dalam musnadnya).

Bila cara ini dianggap kurang mantap, tidak ada salahnya juga untuk sekalian mandi. Dan andai masih belum reda juga, segera lakukan shalat. Berusahalah untuk khusyu.

3. Beralihlah dari situasi yang membuat marah.

Jika orang yang terbelenggu emosi berada di rumah, segera pindah, cari alternatif ruangan lain yang bisa membuat nyaman, atau lebih baik lagi pergi ke mesjid. Demikian halnya jika tidak sedang di rumah

4. Tarik nafas dalam-dalam selama 5-10 detik.

Tarik nafas perlahan melalui hidung, lalu hembuskan melalui mulut. Nikmati dan rasakan betul pergerakan udara yang terjadi. Berfokuslah pada penghitungan waktu, bukan pada masalah yang membuat marah.

5. Pikirkan solusi singkat untuk mengatasinya.

Rencanakan solusi yang akan kamu pakai dengan matang dan tuliskan secara detail.

Ladies, perbanyak amalan selama Ramadan. Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk berbuat hal baik. Selamat mencoba.

Sumber: meetdoctor 

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading