Sukses

Lifestyle

Perempuan dalam Lingkaran Perempuan

Apakah ada sosok pahlawan yang begitu berarti dalam hidupmu? Atau mungkin kamu adalah pahlawan itu sendiri? Sosok pahlawan sering digambarkan sebagai seseorang yang rela berkorban. Mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri. Seperti kisah sahabat Vemale yang diikutsertakan dalam Lomba Kisah Pahlawan dalam Hidupmu ini. Seorang pahlawan bisa berasal dari siapa saja yang membuat pengorbanan besar dalam hidupnya.

***

Saya merupakan mahasiswi semester 5 di salah satu perguruan tinggi wilayah Yogyakarta. Sejauh ini saya menemukan beberapa “pahlawan” perempuan khususnya. Mereka merupakan role model dan inspirator bagi kehidupan.

Berbicara tentang pahlawan tidak jauh dari sebuah bentuk pengorbanan. Tentunya perempuan-perempuan tersebut memiliki kiprah sendiri, memiliki pengorbanan sendiri dan saya yakin pastinya mereka kadangkala tidak tahu bahwa yang mereka lakukan merupakan bentuk pengorbanan.

Pertama adalah ibu. Hampir seluruh umat menjadikan ibu sebagai pahlawan. Mulai dari alasan klasik seperti karena beliau mengandung dan melahirkan hingga alasan spesial bagi saya seperti ibu merupakan teman dan sahabat. Menjadikan ibu sebagai sahabat tidak mengurangi rasa hormat kepada beliau bahwa sahabat tersebut adalah orang tua saya.

Sampai akhirnya di usia yang cukup matang ini saya selalu melaporkan kegiatan yang saya ikuti pada ibu. Rasanya belum sempurna suatu hari jika belum menceritakan kepada ibu dengan detail. Kadangkala rasa kesepian menghampiri ketika berada jauh dengan ibu, walaupun berada di tengah keramaian.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/gradikaa

Kedua adalah guru. Guru perempuan merupakan inspirator selanjutnya. Arti guru dalam hidup saya tentunya guru di sekolah formal, guru les sampai dosen. Mereka merupakan wanita karier yang tangguh, melawan argumen bahwa perempuan tidak bisa apa-apa cukup di rumah saja. Mereka selalu memberi wejangan bahwa hiduplah sesuai pilihan dan keyakinan.

Jika memilih menjadi wanita karier lakukanlah sepenuh hati namun jangan sampai lupa pada keluarga kecil yang menanti di rumah. Menjadi perempuan karier bukan berarti melawan laki-laki atau mengungguli, tapi menjadi perempuan karier merupakan pengabdian dan transfer ilmu pengetahuan kepada murid atau teman perempuan lainnya.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/gradikaa

Ketiga adalah perempuan tangguh yang saya tidak kenal namun banyak saya temui di jalan. Perenungan panjang selalu saya lakukan jika menemui ibu-ibu penjual koran, mbak-mbak spg sampai mbak-mbak pengamen di terminal. Saya tidak mengenal mereka, tapi keberadaan mereka membuat saya sangat bersyukur bahwa saya sebagai perempuan mendapatkan hidup layak dibanding mereka. Mereka sangat tangguh di balik senyuman dan tawaran kosmetik mbak-mbak SPG atau tawaran manis ibu-ibu penjual koran. Belum tentu saya sekuat mereka menjalani kehidupan. Terima kasih banyak walau kalian tidak mendengar.

Saya merupakan perempuan dalam lingkaran perempuan handal, tangguh, mandiri dan lembut. Mereka menginspirasi, memberikan nilai positif dan memberikan arti hidup. Pahlawan yang memiliki arti sangat luas telah saya kerucutkan. Pahlawan adalah mereka yang berkorban setidaknya tersenyum di tengah kegundahan dan ikhlas menjalani kehidupan. Selamat bulan Agustus pahlawan semua. Baiknya bulan ini kita mengingat, beberapa tahun lalu banyak perempuan yang berkorban lebih demi kemerdekaan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading