Sukses

Lifestyle

Tak Harapkan Uang Mantan Suami, Kujaga Empat Anak dengan Kekuatanku Sendiri

Kadang dalam hidup ini, perempuan punya peran istimewa sebagai seorang penjaga. Meski kadang ujian hidup begitu berat tapi seorang perempuan bisa begitu tangguh menjalaninya. Seperti kisah sahabat Vemale dalam Lomba Menulis #JagainKamu ini. Ada cerita yang begitu menyentuh hati di dalamnya. Lomba menulis kali ini dipersembahkan oleh Softex Daun Sirih, yang selalu #JagainKamu para perempuan Indonesia.

***

Tidak pernah terlintas dalam benak saya untuk menjalani kehidupan yang berbeda dengan kehidupan rumah tangga lainnya yang harmonis, sukses serta sakinah, mawadah wa rahmah seperti rumah tangga keluarga lainnya. Namun pilihan itu harus saya tempuh karena saya sendiri sudah tidak kuat menghadapi polah dan kelakuan mantan suami saya yang sengaja tidak saya beberkan kejelekannya dan biarlah saya sendiri yang menyimpannya.

Copyright unsplash.com/meghan holmes

As a super mom  dan single mom juga untuk anak anak saya yang berjumlah empat orang dan bekerja juga untuk membeli kebutuhan mereka adalah prioritas utama bagi saya. Tidak ada kekuatan yang luar biasa selain dari sebuah semangat seorang ibu untuk anak-anak mereka dan itu telah saya buktikan. Tak secuil pun uang dari mantan suami yang bisa saya harapkan dan saya pun sudah lelah untuk menagihnya karena percuma juga. Tak pelak, saya harus bisa berperan ganda sebagai ibu sekaligus ayah bagi mereka. "Inilah hidup. Jika kita tidak keras dengan diri sendiri, maka kita mungkin akan mudah kalah, karena dunia luar sana sangat keras pada kita," kata saya pada saya sendiri.

Copyright unsplash.com/aditya romansa

Tapi tak dapat disangkal kadang-kadang saya juga lelah untuk memikul beban ini sendiri. Aktivitas pagi hari dari mengantar kedua anak saya sekolah, mengajak bermain anak ketiga saya dan menggendong si bungsu yang masih belum bisa berjalan hingga malam hari pun saya masih harus bekerja menjadi seorang penulis yang  masih harus dikejar deadline setiap harinya dan artikelnya pun wajib memakai bahasa asing, yaitu bahasa Inggris. Sampai-sampai kita merasa tidak sempat untuk mengurus dan memperhatikan diri sendiri.

Namun begitu saya melihat polah serta wajah lugu mereka maka saya berjanji pada diri sendiri dan Tuhan saya akan selalu #JagainKamu, wahai anak-anakku Farel, Katisya, Hafizh, dan Gaza. Biarlah lelah saya berganti dengan keceriaan anak-anak saya, tersedianya makanan serta jajan bagi anak saya, pakaian dan rumah tercukupi saja sudah saya ucapkan syukur alhamdulilah.

Kuatkan saya ya Allah, panjangkan usia saya ya Allah agar saya bisa menjaga keempat anak saya hingga sukses dunia dan akhirat.







(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading