1. VEMALE
  2. /
  3. LENTERA

Memaafkan Mungkin Tak Selesaikan Masalah Tapi Bisa Perbaiki Keadaan

Kamis, 14 Juni 2018 14:00 Penulis: Endah Wijayanti
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/sean kong

Vemale.com - Karena sebuah kesalahan, keadaan tak lagi sama. Ibarat vas bunga yang sudah pecah, sulit untuk membuatnya kembali utuh. Meski begitu masih selalu ada cara untuk memperbaiki keadaan yang ada.

Saat ada seseorang yang berbuat salah pada kita dan meminta maaf, hal terbaik yang perlu kita lakukan adalah memaafkan. memang mungkin memaafkannya tak lantas bisa selesaikan masalah yang ada. Meski begitu, akan selalu ada cara untuk memperbaiki keadaan.

Dengan Memaafkan, Hati Akan Terasa Lebih Lapang
Tak ada lagi rasa dendam yang disimpan di dalam dada. Sudah tak ada lagi luka yang akan kembali tergores. Dengan memaafkan, hati kita akan terasa lebih lapang. Hati kita jadi lebih siap untuk menerima hal-hal baru yang lebih baik lagi ke depannya.

Copyright cirplifecentre.wordpress.com

Memaafkan Bisa Membuat Pikiran Lebih Jernih
Sebuah masalah tak akan bisa selesai jika di pikiran kita dipenuhi hal negatif. Hanya menuruti ego pribadi tak akan membuat keadaan lebih baik. Tapi ketika kita sudah ikhlas memaafkan, pikiran kita akan terasa lebih jernih. Dengan begini, kita akan lebih mudah untuk menemukan solusi atau jalan keluar dari setiap kebuntuan masalah yang ada.

Memaafkan Membuatmu Lebih Kuat
Kadang dalam memaafkan, bukan lagi perkara siapa yang benar dan salah. Melainkan soal iktikad baik untuk memperbaiki keadaan yang ada. Tak lagi menuruti hawa nafsu atau ego pribadi tapi membuat keputusan besar untuk membuat kita lebih dewasa.

Copyright quotefancy.com

Selama Kata Maaf Diikuti dengan Perubahan Sikap Positif, Segalanya Akan Membaik
Maaf saja mungkin tidak cukup. Tapi selama sebuah kata maaf diikuti dengan perubahan sikap yang lebih positif dan lebih baik, keadaan pun dengan sendirinya juga akan ikut membaik. Jangan sampai kata maaf cuma manis di mulut saja ya.

So, ladies jangan ragu untuk memaafkan kesalahan orang lain. Kadang memaafkan itu justru akan memberi kebahagiaan dan kelegaan sendiri di hatimu. Jangan sampai hidupmu terbuang sia-sia karena menyimpan dendam yang tak berguna.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Kisah Inspirasi
  2. Motivasi
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle